Ekonomi Semakin Terkontraksi, Bamsoet Sarankan Pemerintah Kembangkan Sektor Ekonomi Daerah

Gara-Gara Corona

Laporan: Tisa
Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:31 WIB
Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Foto: PPID MPR RI)
Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Foto: PPID MPR RI)

sinpo, JAKARTA - Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk berupaya mengembangkan sektor potensial di daerah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Pandemi yang hingga menjelang penghujung tahun belum terlihat ujungnya ini, diprediksi membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai salah satu negara berkembang semakin terkontraksi lebih dalam.

Oleh sebab itu, Bamsoet menilai pengembangan sektor  ekonomi potensial di daerah diperlukan, di samping pembangunan infrastruktur. 

"Ini dapat menyerap tenaga kerja, serta memulihkan pasar tenaga kerja secara bertahap," katanya di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Di samping itu, ia meminta pemerintah agar menetapkan kebijakan yang efisien terkait investasi. Pasalnya, sampai saat ini masih terjadi ketidakpastian ekonomi global, serta sejumlah permasalahan dalam neraca perdagangan.

Politikus Golkar ini juga mendorong pemerintah agar mencari solusi jangka menengah dan panjang dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Bisa dilakukan dengan mendirikan pendidikan vokasi seperti politeknik atau akademisi di kawasan-kawasan industri," ucpnya.

Bamsoet juga mengingatkan seluruh stakeholders, pemulihan ekonomi akan terwujud apabila penanganan pandemi sudah tepat dan dapat teratasi secara baik.

"Sebab pertumbuhan konsumsi dan investasi sebagai penggerak ekonomi dipengaruhi oleh adanya permintaan dan perilaku masyarakat (daya beli)," ujarnya.sinpo

Komentar: