Berikut Profil Hingga Sederet Prestasi Calon Tunggal Kapolri

Laporan: Wawan
Kamis, 21 Januari 2021 | 07:30 WIB
Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara resmi telah ditetapkan sebagai calon tunggal Kapolri
Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara resmi telah ditetapkan sebagai calon tunggal Kapolri

sinpo, 

Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara resmi telah ditetapkan sebagai calon tunggal Kapolri. Diajukannya nama Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, diusung langsung oleh Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) kepada DPR RI.

Saat ini, ia menjabat sebagai kabareskrim Polri, akan menjalankan uji kepatuhan dan kelayakan di Senayan hari ini.

Ia lahir di Ambon, Maluku pada 5 Mei 1969. Menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian pada tahun 1991. Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian pada tahun 1991, ia melanjutkan pendidikan master di Universitas Indonesia.

Selama menjabat sebagai Kabareskrim, beliau telah mencetak berbagai prestasi yang terdiri dari, Pengungkapan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK (Novel Baswedan).

Pengungkapan kasus korupsi kondensat PT. Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI), Penangkapan buronan Djoko Tjandra, Pengungkapan (Maria Pauline Lumowa), yang merupakan buronan kasus pembobolan bank senilai Rp1,7 triliun, Penetapan 11 tersangka kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

Pengungkapan kasus penipuan sindikat kejahatan internasional terkait dengan pembelian ventilator dan monitor covid – 19, Mengamankan barang bukti sebanyak 5,91 ton sabu, 50,59 ton ganja, serta 905.425 butir pil ekstasi pada tahun 2020.

Menangani sebanyak 485 perkara kasus korupsi, serta telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 310,8 Miliar di tahun 2020 hingga mengungkapkan 140 kasus penyebaran informasi palsu atau hoaks, yang berkaitan dengan pandemi covid – 19 di tahun 2020.sinpo

Komentar: