MAY DAY 2024

Massa Topi Caping pada May Day: Buruh dan Petani Nasibnya Sama

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 01 Mei 2024 | 15:59 WIB
Massa memakai caping dalam unjuk rasa May Day 2024 di Patung Kuda (SinPo.id/ Tio Pirnando)
Massa memakai caping dalam unjuk rasa May Day 2024 di Patung Kuda (SinPo.id/ Tio Pirnando)

SinPo.id - Sejumlah massa yang hadir dalam demonstrasi peringatan May Day 2024 di Patung Kuda, Jakarta Pusat, datang dari berbagai organisasi buruh, dan elemen masyarakat. 

Pantauan SinPo.id di lokasi, Rabu, 1 Mei 2024, ada sejumlah massa jalan beriring dengan memakai topi caping di cat putih di di atasnya di tempel tulisan  "May Day 2024," dan "Tolak Omnibus Law", cukup berbeda dari massa yang lain. 

Salah satu massa aksi, saat ditanya alasan memakai caping dalam May Day 2024, mengatakan bahwa, caping ini sebagai simbol pembelaan terhadap petani. Karena, nasib petani dan buruh sama saja, kurang diperhatikan. 

"Buruh dan petani-petani itu kurang diperhatikan, nasibnya sama. Padahal, perannya sangat dibutuhkan. Bayangin kalau petani mogok nanam, bisa nggak makan kita. Begitu pun buruh, kalau mogok kerja bisa mati ekonomi," kata salah satu peserta aksi yang nyentrik memakai kacamata hitam, tas kecil selempang, saat ditemui di Patung Kuda. 

Dia berharap, agar pemerintah lebih peduli lagi pada kesejahteraan petani dan buruh. Melalui peringatan May Day internasional, tegas dia, pemerintah harus penuhi tuntutan buruh. 

"Intinya kami meminta diperhatikan kesejahteraan kami," kata dia, yang buru-buru berjalan karena tertinggal dari rombongannya. sinpo

Komentar: