NasDem Ingatkan Pemerintah Perkuat Testing dan Tegakan Aturan Prokes

Laporan: Lilis
Rabu, 10 Maret 2021 | 13:11 WIB
Okky Asokawati (Dok. Okkyasokawati)
Okky Asokawati (Dok. Okkyasokawati)

sinpo, Munculnya varian baru Covid-19 jenis B.1.1.7 yang terkonfirmasi masuk di Indonesia harus dicermati secara serius. Pemerintah harus menegakkan aturan dan menjalankan testing sesuai standar badan kesehatan dunia (WHO).

Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem Okky Asokawati meminta pemerintah untuk mewaspadai masuknya varian baru Covid-19 jenis B.1.1.7 yang terkonfirmasi telah masuk di sejumlah wilayah di Indonesia. "Masuknya varian baru virus Covid-19 di Indonesia harus diwaspadai dengan serius," kata Okky di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Menurut Okky, pemerintah juga harus terbuka terhadap penyebaran Covid-19 varian baru agar memudahkan penelusuran di tengah masyarakat. Ia berharap, varian baru ini dapat dilokalisir dan dipastikan tidak menyebar secara masif. "Pengalaman selama satu tahun dalam penanganan Covid-19 semestinya dapat menjadi modal untuk melokalisir penyebaran varian baru Covid-19 ini," harap Okky.

Di bagian lain, anggota Komisi Kesehatan DPR RI dua periode ini menyebutkan pemerintah agar tetap secara konsisten melakukan testing terhadap masyarakat dan melakukan penelusuran (tracing) kepada pihak yang melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19. "Testing dan tracing harus senantiasa dilakukan dan sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO)," kata Okky.

Menurut Okky, tren penurunan penderita Covid-19 secara global dalam beberapa waktu terakhir jangan membuat kendur pemerintah dalam melakukan tracing, testing dan treatment (3T). "Pemerintah harus senantiasa melakukan Tracing, testing dan treatment secara disiplin. Jangan kendur," tegas Okky.

Dia juga meminta pemerintah untuk menegakkan aturan protokol kesehatan melalui skema Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia. "Penerapan PPKM Mikro harus diikuti dengan penegakan aturan di lapangan. Aparat harus turun ke lapangan untuk memastikan penegakan protokol kesehatan," tandas Okky.

Model senior ini juga meminta kepada pemerintah untuk tetap menegakkan protokol kesehatan bagi masyarakat yang telah divaksin. "Kami mendorong pemerintah dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meski telah menjalani proses vaksin. Perlu sosialisasi dan pemahaman secara masif di tengah masyarakat," tegas Okky.

Terkait dengan program vaksin, Okky mengatakan sosialisasi tentang vaksin harus lebih digencarkan kembali. Persoalan yang terjadi di lapangan seperti keengganan masyarakat untuk divaksin menunjukkan pemahaman tentang vaksin belum sepenuhnya dipahami masyarakat. "Di sejumlah daerah ada sekelompok masyarakat yang enggan divaksin. Ini masalah yang harus diselesaikan dengan cara sosialisasi tentang keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19. Pemerintah harus lebih gencar dalam sosialisasi," tandas Okky.sinpo

Komentar: