Pemerintah Fokus Perluasan Akses Pasar Bagi Produk Dalam Negeri

Laporan: Poppy
Senin, 16 Agustus 2021 | 09:53 WIB
Presiden RI, Joko Widodo/Repro
Presiden RI, Joko Widodo/Repro

SinPo.id - Pemerintah terus mengupayakan perluasan akses pasar bagi berbagai produk buatan dalam negeri. Hal itu juga menjadi perhatian pemerintah di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. 

"Perluasan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri menjadi perhatian serius pemerintah. Program 'Bangga Buatan Indonesia' terus kita gencarkan, sembari 

meningkatkan daya saing produk lokal dalam kompetisi global," kata Presiden Joko Widodo dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

Jokowi menyebut, Pemerintah hingga kini terus mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. 

"Digitalisasi UMKM yang masuk ke aplikasi perdagangan elektronik dan lokapasar jumlahnya terus bertambah. Sampai Agustus tahun ini, sudah lebih dari 14 juta UMKM atau 22% dari total UMKM yang sudah bergabung dengan aplikasi perdagangan elektronik," tuturnya. 

RI 1 ini menuturkan partisipasi dalam ekonomi digital sangat penting karena potensinya yang sangat besar dan mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global. Ia mengatakan, pada tahun 2020, nilai transaksi perdagangan 

digital Indonesia mencapai lebih dari Rp 253 triliun. 

"Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp330,7 triliun di tahun 2021," ujarnya.sinpo

Komentar: