Dave Laksono: Data Bocor Karena Masih Lemahnya Sistem

Laporan: Satria
Rabu, 01 September 2021 | 12:01 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno Laksono/SinPo
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno Laksono/SinPo

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan kebocoran data masyarakat yang terjadi menunjukan bahwa sistem penyimpanan data di Indonesia masih kurang aman. 

"Jadi ini menunjukan bahwa masih melemahnya sistem penyimpanan kita jadi masih mudah rentan di hack dan juga kurang perhatian dari pada operatornya itu sendiri untuk tidak mengupgrade sistem nya dan juga jaringannya juga mudah untuk dimasuki," kata Dave, di gedung Nusantara II, Komplek Senayan, Jakarta, Rabu (1/9) 

Dave menuturkan masih lemahnya penegakan hukum soal pencurian data  karena aturan pelindung data pribadi belum usai dibahas. 

Karenanya Dave mendorong Pemerintah untuk segera menyelesaikan RUU Perlindungan Data Pribadi agar segera ada pelindung dan penegakan hukum terhadap pencurian data. 

"Pemerintah agar segera menyelesaikan Undang-undang tersebut sehingga ada payung hukumnya ketika kita menegakkan hukum di dalam penyimpanan data," ujar Dave. 

Lebih lanjut Dave menyarankan agar Pemerintah merekrut  para hacker yang melakukan pencurian data  untuk melakukan pengamanan terhadap penyimpanan data. 

Politisi Golkar itu juga mendorong Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen untuk proaktif melakukan penyelesaian terhadap pengamanan data pribadi.sinpo

Komentar: