Dasco: Rangkaian Fit and Proper Test Jenderal Andika Digelar Siang Ini

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 04 November 2021 | 11:32 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id -  Proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, akan dimulai dengan rapat internal yang akan dilakukan Komisi I DPR RI siang ini.

Rapat yang dilaksanakan Komisi I tersebut akan menjadi rangkaia awal proses DPR.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/11).

"Rangkaian fit and proper test dimulai hari ini," ujar Dasco.

Menurut Dasco, penunjukan dan penugasan kepada Komisi I DPR untuk melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan merupakan keputusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR yang sudah menggelar rapat kemarin.

Selanjutnya, jika mekanisme dan prosedur sudah ditetapkan di Komisi I, lanjut Dasco, maka dijadwalkan uji kepatutan dan kelayakan Jenderal Andika Perkasa dimungkinkan digelar Jumat (5/11).

"Direncanakan besok adalah fit and proper test yang dilaksanakan oleh Komisi I, nanti kita lihat saja mudah-mudahan lancar dan tidak ada satu apapun," tandas Dasco.

Diketahui, ada beberapa proses yang harus dilalui Jenderal Andika Perkasa sebelum menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

Mekanisme yang ditempuh adalah verifikasi administrasi, verifikasi faktual, lalu uji kelayakan itu sendiri.

sinpo

Komentar: