DK PBB Kecam Percobaan Pembunuhan Terhadap PM Irak Mustafa al-Kadhimi

Laporan: Samsudin
Rabu, 10 November 2021 | 09:51 WIB
PM Irak Mustafa al-Kadhimi/Xinhua
PM Irak Mustafa al-Kadhimi/Xinhua

SinPo.id - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam keras upaya pembunuhan yang dilakukan terhadap Perdana Menteri (PM) Irak Mustafa al-Kadhimi, pada Minggu (7/11).

Dalam sebuah pernyataan pers, para anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan kelegaan mereka terkait fakta bahwa sang PM tidak terluka dalam serangan itu. Mereka menegaskan kembali dukungan terhadap kemerdekaan, kedaulatan, persatuan, integritas wilayah, proses demokrasi, dan kemakmuran Irak

Dalam pernyataanya baru-baru ini seperti dikutip dari Xinhua, para anggota dewan tersebut menegaskan kembali bahwa terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan salah satu ancaman paling serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Mereka menggarisbawahi perlunya meminta pertanggungjawaban pelaku, organisator, penyandang dana, dan sponsor dari aksi-aksi terorisme yang tercela ini dan menyeretnya ke pengadilan.

Para anggota dewan juga mendesak semua negara untuk bekerja sama secara aktif dengan pemerintah Irak dan semua otoritas terkait lainnya dalam hal ini.

Para anggota Dewan Keamanan PBB menegaskan kembali bahwa setiap aksi terorisme adalah kriminal dan tidak dapat dibenarkan, terlepas dari motivasi mereka, di mana pun, kapan pun, dan siapa pun yang melakukannya.

Mereka menegaskan kembali perlunya semua negara untuk memerangi, dengan segala upaya, ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional yang disebabkan oleh aksi teroris.sinpo

Komentar: