Massa 212 Membubarkan Diri Dari Kawasan Wahid Hasyim

Laporan: Farez
Kamis, 02 Desember 2021 | 11:55 WIB
Massa aksi Reiuni 212, membubarkan diri dengan tertib/ist
Massa aksi Reiuni 212, membubarkan diri dengan tertib/ist

SinPo.id - Kumpulan massa peserta Reuni 212 mulai membubarkan diri dari kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis siang (2/12). Massa berseragam putih-putih itu membubarkan diri setelah ada komando dari Ketua PA 212 Slamet Maarif.

"Terima kasih kami sampaikan kepada antum semua yang tetap berjuang hadir dalam acara yang sangat penuh keberkahan hari ini," ujar Slamet Maarif dalam orasinya.

"Selanjutnya setelah ini kita akan kembali ke tempat kita masing-masing, kita datang untuk damai, kita disuruh pulang, ya kita pulang, kita datang untuk damai, siap untuk pulang dengan tertib?" imbuhnya lalu diikuti teriakan "siaaap".

Slamet menegaskan, aksi Reuni 212 tahun ini merupakan momentum untuk melawan kezaliman. Selain itu, juga untuk membela kebenaran dan para ulama. 

"Mudah-mudahan langkah antum semua Allah berikan keberkahan rizki, panjang umur, sehat badan dan istiqomah dibawah komanda ulama kita," tuturnya.

"Saudara-saudaraku hari ini yang hadir ke dalam aksi super damai menunjukkan bahwa apapun yang terjadi, kita tetap berdiri membela kebenaran melawan kedzaliman, takbir Allahu Akbar," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama KSAD Jenderal Dudung Abdurahman datang langsung dan memantau pengamanan di lokasi aksi reuni 212.

"Kedatangan saya pagi ini sengaja saya melihat kondisi pasukan khusus TNI Angkatan Darat mengenai kesiapannya untuk mengantisipasi reuni 212," kata Dudung kepada wartawan di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Dudung menerangkan, selain TNI Angkatan Darat juga ada aparat kepolisian yang siap mengamankan aksi reuni 212 tersebut.

"Kita melihat bagaimana kondisi prajurit di lapangan, bagaimana kesiapannya dalam mendukung tugas yang telah disiapkan," terangnya.

Sebagai informasi, dalam rangka mengantisipasi kerumunan reuni 212, Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan jalan di sejumlah titik, baik yang menuju Monas dan Patung Kuda tersebut adalah Jalan MH Thamrin, Jalan Agus Salim, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan H Juanda, Jalan Veteran II, Jalan Veteran III, Jalan Veteran I, Jalan Majapahit, Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan.

Semua jenis kendaraan termasuk TransJakarta dilarang melewati kawasan tersebut sampai dengan malam nanti pukul 21.00 WIB.sinpo

Komentar: