Jalan Penghubung Ke Sirkuit Mandalika Dibongkar, Roy Suryo: Kejadian Konyol

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 14 Desember 2021 | 11:09 WIB
Jalan bypass Bandara menuju sirkuit mandalika dibongkar warga/net
Jalan bypass Bandara menuju sirkuit mandalika dibongkar warga/net

SinPo.id - Jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sirkuit Mandalika dibongkar warga. Jalan ini menjadi akses dari bandara menuju Sirkuit Mandalika.

Diduga, jalan yang berada pada ruas Awang-Kuta Lombok Tengah tersebut dirusak warga karena dinilai menyebabkan banjir hingga ke rumah warga.

Menyoroti hal tersebut, Pakar Telematika Roy Suryo mengatakan seharusnya seluruh infrastruktur yang terkait dengan sirkuit Mandalika dijaga, mengingat baru saja dipakai untuk ajang penutupan World Super Bike (WSBK) dan rencannya akan dipakai untuk gelaran olahraga internasional lainnya.

"Jangan sampai ada kejadian konyol gara-gara kontruksi abal-abal," ujar Roy Suryo, dikutip dari akun Twitternya @KRMTRoySuryo2, Selasa (14/12).

Roy sangat menyayangkan kejadian pembongkaran ini. Dia mengingatkan agar apa yang terjadi pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak dialami oleh infrastruktur disekitar Sirkuit Mandalika. Pasalnya, proyek kereta cepat tersebut menurutnya bohong-bohongan.

"Kecebong (Kereta Cepat Bohong-bohongan) yang memang sejak lahir sudah jelas-jelas amburadul dan berpotensi mangkrak itu," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, sebuah pilar kereta cepat Jakarta-Bandung dibongkar hingga ambruk menimpa salah satu eskavator. PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengungkap alasan pembongkaran pilar itu.

Dikatakan pembongkaran tersebut dilakukan usai adanya masukan dari tim quality PT KCIC dan konsultan supervisi CDJO. Karena, terdapat temuan pergeseran alignment pekerjaan pilar di DK46, Teluk Jambe, Karawang, yang kemudian menginstruksikan kontraktor untuk melakukan pembongkaran dan dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis.

"PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," ujar Presiden Director PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dalam keterangannya, Rabu (8/12).sinpo

Komentar: