Duh, 15 Petugas Kesehatan Bandara Soekarno Hatta Terpapar Omicron

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 03 Januari 2022 | 22:08 WIB
Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

SinPo.id - Sebanyak 15 petugas kesehatan yang bekerja di Bandara Internasional Soekarno Hatta , Tangerang terpapar Covid-19 varian Omicron. Awalnya yang teridentifikasi Omicron yakni dua petugas yang bekerja di FarmaLab dan ILAB. 

“Iya benar (Omicron). Satu orang bertugas di ILAB dan sisanya di FarmaLab,” ujar Dansatgas Udara Covid-19 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kolonel Agus Listiyono, Senin (3/1). 

Petugas kesehatan FarmaLab kemudian memaparkan kepada 13 rekan satu messnya yang juga bekerja di Bandara Soetta. Saat ini, total orang yang terpapar sebanyak 15 petugas kesehatan di bandara. Manager Whole Sales FarmaLab MA Gunawan mengatakan, 14 pegawainya terpapar Omicron saat menjalani screening pada 31 Desember 2021. Dia memastikan 14 orang tersebut bertugas di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soetta. 

"Yang terpapar itu yakni 11 orang bagian administrasi dan tiga lagi bertugas melakukan tes swab," ujar Gunawan. 

Menurut dia, 14 pekerja tersebut tidak miliki gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) saat tertular Omicron. 

"Enggak ada gejala sama sekali. Ada satu orang tenggorokan agak enggak enak. Tapi, rata-rata enggak ada gejala,” ucapnya. 

Manager ILAB Vera menuturkan pihaknya juga mengetahui salah satu pekerjanya terpapar Omicron melalui screening pada Kamis (30/12). Lantas, pihaknya merujuk pekerja tersebut ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan langsung diolah Litbangkes. 

Satu pekerjanya diduga terpapar dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). "Karena dia kesehariannya on duty di bandara. Artinya kans besar petugas kita di dalam bandara kemungkinan terpapar Omicron cukup besar,” katanya. 

FarmaLab dan ILAB merupakan vendor pelaksana swab RT-PCR dan antigen dari Kementerian Kesehatan yang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sementara, 15 pekerja terpapar Omicron sudah berada di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.sinpo

Komentar: