Makna Keakraban Anies Baswedan-Ridwan Kamil Main Bola Di JIS, Begini Kata Pengamat

Laporan: Ari Harahap
Sabtu, 19 Februari 2022 | 16:10 WIB
Anies menendang bola ke arah Ridwan Kamil/Ig@aniesbaswedan
Anies menendang bola ke arah Ridwan Kamil/Ig@aniesbaswedan

SinPo.id - Keakraban yang diperlihatkan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dianggap perlu dijadikan contoh.

Sebagai tokoh yang digadang-gadang menjadi capres, keduanya dapat berhubungan baik.

"Mereka tidak menunjukkan sebagai kompetitor yang saling menjatuhkan," ujar pengamat komunikasi politik, M. Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya kepada SinPo.id, Sabtu (19/2).

Jamiluddin mengatakan kedekatan hubungan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sudah lama berlangsung. Ketika Anies berkunjung ke Kuningan, Jabar, mereka juga bertemu.

"Karena itu, pertemuan Anies dan Ridwan di JIS tidak ada yang luar biasa. Anies mengajak Ridwan ke JIS mungkin hanya minta pendapatnya sebagai arsitek sebelum stadion itu selesai 100 persen," katanya.

Akademisi Universitas Esa Unggul itu menjelaskan kedua tokoh tersebut ingin menunjukkan bahwa berpolitik dapat dilakukan dengan santai dan harmoni.

"Berpolitik dengan saling beriringan, tanpa mempertontonkan kekurangan lawan politiknya," jelas Jamiluddin.

Lebih lanjut, Dia memaparkan gaya Anies dan Ridwan itu ingin menghilangkan kesan politik tidak soal menang dan kalah. Politik, kata Jamiluddin, bukan jahat yang hanya ingin membantai lawan politiknya.

"Jadi, dua tokoh itu ingin mengajak berkompetisi dalam kebersamaan, bukan untuk saling meniadakan," tandasnya.

Sebelumnya, Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeksekusi tendangan penalti dan membobol gawang yang dikawal Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, viral di media sosial pada Rabu (16/2).

Lewat akun Instagramnya, Anies mengunggah video saat dirinya membobol gawang Ridwan Kamil melalui tendangan penalti.

Usai melakukan adu tendangan penalti, Anies dan Ridwan Kamil pun menunjukkan keakrabannya lewat foto bersama sambil berangkulan.sinpo

Komentar: