Komisi II DPR Sebut Pembahasan Soal Tahapan Pemilu Segera Digelar

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 22 Maret 2022 | 19:48 WIB
DPR RI/Net
DPR RI/Net

SinPo.id - Komisi II DPR sudah menerima draf rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan, Jadwal, dan Program Pemilu 2024. DPR juga telah mengagendakan rapat konsultasi tersebut bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu. 

Menurut anggota Komisi II DPR Rifqinizamy Karyasuda rapat konsultasi ini tidak akan dibahas bersama anggota penyelenggara pemilu periode 2017-2022. Sebab, masa jabatan pihak-pihak tersebut akan berakhir sebentar lagi. 

"Sehingga, saya kira apa yang diminta oleh KPU RI saat ini itu momentumnya kurang pas. Karena kita tinggal menunggu beberapa hari lagi bahwa KPU dan Bawaslu RI akan dilantik oleh Presiden," kata Rifqi kepada wartawan, Selasa (22/3). 

Politikus PDIP itu mengaku, Komisi II DPR telah memiliki jadwal yang telah diagendakan untuk menggelar rapat konsultasi tersebut. Dia memastikan, rapat akan digelar bersama penyelenggara pemilu periode 2022-2027. 

"Ini agar tidak terjadi pengulangan pembahasan dengan pimpinan yang ada sekarang," ujarnya. 

Dihubungi secara terpisah, anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menyampaikan bahwa rapat konsultasi sedianya akan digelar pada April 2022. 

"Komisi II sudah mengagendakan jadwal untuk pembahasan mengenai tahapan ataupun anggaran pada tanggal 11 April 2022," ujar Guspardi.sinpo

Komentar: