Untuk IKN, Panglima TNI Ajukan Tambahan 50 Ribu Pasukan Ke Prabowo

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 22 Maret 2022 | 19:55 WIB
Panglima TNI Jemderal Andika Perkasa/Net
Panglima TNI Jemderal Andika Perkasa/Net

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan akan mengajukan tambahan personel TNI kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk bertugas di Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal Itu disampaikan Andika saat mengunjungi IKN bersama sejumlah menteri beberapa waktu lalu. Momen kunjungan itu, dibagikan di akun YouTube pribadi Andika, Selasa (22/3).

"Jadi kehadiran personel tambahan ini, dengan satuan-satuannya, dengan alutsistanya. Ini kami juga akan mengajukan penambahan personel tambahan kepada Menteri Pertahanan, antara 30-50 ribu personel baru. Darat, laut, udara, di luar kekuatan TNI saat ini," kata Andika.

Mantan KSAD itu menjelaskan penambahan puluhan ribu prajurit itu akan diambil dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Nantinya, kekurangan pasukan, akan dipenuhi lewat proses rekrutmen.

"Penambahan yang kami maksud itu bukan berarti mereka yang baru masuk, bukan. Kita akan ambil dari seluruh satuan di seluruh Indonesia, darat, laut, udara. Nah penggantinya yang kita ambil dari rekrutmen baru," katanya.

Diketahui, pemerintah sudah mengalokasikan lahan seluas 300 ha di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk TNI.

Andika sebelumnya juga mengungkap rencana pembangunan markas baru di kawasan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mencapai sekitar 4.500 hektare.

Adapun markas baru akan terintegrasi dengan tiga matra, yakni angkatan laut, darat, dan udara. Masing-masing kesatuan memiliki kebutuhan berbeda untuk luasan pangkalan. Jatahnya untuk angkatan darat 800 hektare, angkatan udara 2.700 hektare, dan angkatan laut seluas 1.000 hektare.sinpo

Komentar: