Ketua Fraksi PKS: Saya Harap DPR Bercermin Pada Program Hari Aspirasi Fraksi PKS

Oleh: Redaksi
Rabu, 27 September 2017 | 13:19 WIB
Jazuli Juwaini saat menjadi narasumber dalam seminar Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat DPR RI - Foto: Istimewa
Jazuli Juwaini saat menjadi narasumber dalam seminar Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat DPR RI - Foto: Istimewa

Jakarta, sinpo.id - Jazuli Juwaini yang merupakan Ketua Fraksi PKS, memenuhi undangan menjadi narasumber Seminar Optimalisasi Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat DPR RI. Prof. Dr. Syamsudin Haris (LIPI), menjadi narasumber selain Jazuli, di Hotel Santika Jakarta, Rabu (27/9).

Dalam penyampaiannya, Jazuli menekankan pentingnya pengelolaan aspirasi/pengaduan rakyat bagi peningkatan kinerja DPR. Ia juga berbagi cerita sukses ( success story ) Program Hari Aspirasi yang murni diinisiasi oleh Fraksi PKS DPR RI dan menjadi program nasional Fraksi PKS DPRD se-Indonesia. 

"Inti dari kinerja DPR dan jantungnya demokrasi perwakilan ada pada representasinya terhadap kepentingan dan kebutuhan rakyat," cetusnya.

Beliau juga mengatakan, pengelolaan aspirasi/pengaduan rakyat merupakan bagian penting dari upaya memperkuat representasi rakyat tersebut. Oleh karena itu, sangat penting setiap aspirasi dikelola secara baik dan profesional sehingga dampaknya dirasakan langsung oleh rakyat. 

"Semakin baik kemampuan dewan dalam mengelola aspirasi rakyat, akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dan keterikatan rakyat kepada DPR. Ini menjadi peluang dan tantangan sendiri di tengah apatisme dan rendahnya kepercayaan rakyat terhadap lembaga perwakilan," paparnya.

Ia memaparkan, bahwa sejak awal menjadi Ketua Fraksi PKS dirinya fokus untuk membenahi sistem dan prosedur pengelolaan aspirasi rakyat di Fraksi PKS, hingga tercetuslah Program "Hari Aspirasi Rakyat".

"Program ini adalah ikhtiar Fraksi PKS untuk mengokohkan khidmat kepada rakyat, supaya tidak ada lagi jarak antara rakyat dan wakilnya. Semua anggota legislatif PKS wajib menemui dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat. Tidak boleh ada yang sulit ditemui," tegasnya.

Melalui program tersebut, Fraksi PKS menyiapkan waktu khusus setiap hari Selasa dari jam 08.00 sampai 17.00, pintu Fraksi terbuka lebar untuk rakyat. Fraksi menyiapkan mekanisme dan prosedur yang mudah/sederhana, menyiapkan seluruh fasilitas, dan SDM khusus untuk menangani setiap pengaduan/aspirasi.

Anggota Komisi I DPR RI ini berharap program tersebut terus berkembang dan mengalami perbaikan secara berkesinambungan, dan ia berharap program ini bisa diadopsi oleh DPR. Menurutnya, dampak dari program ini sangat luar biasa dengan meningkatnya animo dan kepuasan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya.

"Dengan pengelolaan dan strategi komunikasi yang baik, saya yakin program ini dapat meningkatkan kepercayaan rakyat kepada DPR," harapnya.

Oleh sebab itu, beliau menyarankan agar DPR terus megevaluasi dan memperbaiki sistem serta mekanisme pengelolaan aspirasi rakyat yang sudah berjalan menjadi lebih mudah, sederhana, eksekutorial (cepat tertangani), tidak berbelit dan birokratis. 

"Saran saya, setiap komisi/alat kelengkapan DPR hendaknya membentuk desk aspirasi dan pengaduan rakyat, menyiapkan hari khusus untuk membahas dan menindaklanjuti aspirasi, serta menyiapkan sarana prasarananya. Ini bisa memangkas birokrasi yang panjang," tutup Anggota DPR Dapil Banten III ini.                                                sinpo

Komentar: