Kembali Melonjak, WHO: Covid-19 Belum Mendekati Akhir

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 15 Juli 2022 | 04:21 WIB
Ilustrasi virus Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi virus Covid-19 (Pixabay)

SinPo.id - Kasus Covid-19 cenderung meningkat bukan hanya di Indonesia, namun juga secara global angka positifnya melonjak.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta pihak berwenang di seluruh dunia kembali menerapkan kembali pemakaian masker, dan menjaga jarak sosial.

"Virus berjalan bebas, dan negara-negara tidak mengelola penyakit secara efektif. WHO menyimpulkan pekan lalu bahwa virus itu tetap menjadi 'Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional'," kata Tedros.

Tedros menegaskan, pandemi Covid-19 di dunia belum mendekati akhir. Selama pekan 4-10 Juli 2022, lebih dari 5,7 juta kasus baru Covid-19 dilaporkan.

"Ini meningkat 6 persen dibandingkan pekan sebelumnya," katanya.

Kematian akibat Covid-19, kata Tedros, relatif datar sepanjang musim panas ini, dengan lebih dari 9.800 kematian dilaporkan sepekan menjelang 4 Juli. Jumlah ini lima kali lebih sedikit dari pekan yang sama tahun lalu.

Tedros meminta otoritas nasional meningkatkan upaya mereka dalam engkomunikasikan risiko kepada publik. Pemerintah di berbagai negara diminta menyerukan kembalinya langkah-langkah sosial kesehatan masyarakat seperti mengenakan masker, dan menjaga jarak.

"Kewajiban memakai masker dan persyaratan jarak sosial sebagian besar ditinggalkan awal tahun ini. Meskipun beberapa negara seperti China dan Korea Selatan masih mengharuskan pemakaian masker di sebagian besar tempat publik," tandasnya. sinpo

Komentar: