Finlandia Sumbang 47,4 Juta Dolar AS ke Ukraina dari Hasil Penjualan Bitcoin Milik Bandar Narkotika

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 24 Juli 2022 | 21:07 WIB
Mata uang digital. Foto: Istimewa
Mata uang digital. Foto: Istimewa

SinPo.id - Finlandia menjual 1.889 Bitcoin dari hasil sitaan kasus narkotika. Nilai mata uang digital tersebut seharga 46,5 juta euro atau 47,4 juta dolar AS.

Menteri Keuangan Finlandia mengatakan, hasil penjualan itu akan disumbangkan ke Ukraina sebagai bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi di saat perang dengan Rusia berlanjut.

Sebelumnya, Bea Cukai Finlandia telah  mengumumkan pada Kamis, 21 Juli 2022, telah menjual Bitcoin dan memperoleh sekitar 46,5 juta euro dari hasil penjualan tersebut.

“Selama musim panas, Bea Cukai Finlandia telah menyadari mata uang kriptonya yang secara hukum telah diserahkan kepada negara. Realisasi tersebut menyangkut 1.889,1 bitcoin. Negara memperoleh sekitar 46,5 juta euro total hasil dari penjualan mereka," ujar Bea Cukai Finlandia dalam pengumumannya, yang dikutip dari Bitcoin News, Minggu, 24 Juli 2022.

Menteri Keuangan Finlandia, Annika Saarikko, mengatakan, pada bulan Mei, penjualan Bitcoin yang disita akan digunakan untuk kepentingan Ukraina, yang saat ini sedang berperang melawan Rusia. Uang tersebut akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan dan rekontruksi.

Bea Cukai Finlandia mengungkapkan, Bitcoin tersebut disita sehubungan dengan kasus pelanggaran penggunaan narkotika dan zat doping di negara tersebut.

Koin digital ini dijual oleh dua broker cryptocurrency yang dipilih Bea Cukai Finlandia melalui prosedur negosiasi yang kompetitif di akhir musim semi.

Bea Cukai Finlandia menambahkan, sekitar 90 Bitcoin masih dalam kepemilikan mereka dan menunggu keputusan penyitaan yang sah.

Tidak hanya Bitcoin, Bea Cukai Finlandia juga menyita cryptocurrency lainnya, yang diperkirkan nilainya paling banyak ratusan ribu euro.

"(Penyelidikan) ini sedang berlangsung, mata uang atau jumlahnya tidak dapat diungkapkan secara rinci. Mereka bernilai paling banyak ratusan ribu euro," ungkap Bea Cukai Finlandia.

Direktur Keuangan Bea Cukai Finlandia, Pekka Pylkkänen mengungkapkan sebagian besar Bitcoin yang dijual di musim panas, yaitu sebesar 1.666 Bitcoin, merupakan hasil penyitaan pada tahun 2016 setelah penangkapan pengedar narkoba Finlandia Douppikauppa. 

Pada tahun 2017, Pengadilan Banding di kota Turku, Finlandia, menghukum pengedar narkoba beberapa tahun penjara.

 sinpo

Komentar: