Dewan Pers SinPo

Draupadi Murmu Resmi Jadi Presiden India ke-15

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 25 Juli 2022 | 21:47 WIB
Presiden India ke-15, Draupadi Murmu
Presiden India ke-15, Draupadi Murmu

SinPo.id - Pengunjung aula gedung parlemen India bertepuk tangan secara meriah tatkala Draupadi Murmu usai mengucapkan sumpah yang menghantarkannya secara resmi menjadi Presiden ke-15. 
 
Senyum wanita 64 tahun itu terlihat merekah ketika menerima sambutan yang luar biasa. Ia adalah orang pertama dari suku terasing di India yang memegang jabatan Konstitusi tertinggi.

Murmu disumpah sebagai Presiden oleh Ketua Mahkamah Agung India NV Ramana di Aula Pusat Gedung Parlemen yang bersejarah, dan disiarkan langsung di saluran televisi pemerintah. Ia mengambil sumpah atas nama dewa dalam bahasa Hindi.

“Mencapai jabatan Presiden bukanlah pencapaian pribadi saya, itu adalah pencapaian setiap orang miskin di India. Pencalonan saya adalah bukti bahwa orang miskin di India tidak hanya bisa bermimpi tapi juga bisa mewujudkan mimpi itu," kata Murmu dalam pidatonya usai pengambilan sumpah.

Ia bersyukur menduduki jabatan Presdien di tahun peringatan 75 tahun kemerdekaan dan berjanji akan memenuhi harapan para pejuang kemerdekaan untuk negeri tercinta.

Murmu  adalah mantan gubernur negara bagian Jharkhand. Dia berasal dari Suku Santal (suku Munda terbesar) di negara bagian Odisha bagian timur.

Dengan resmi dilantiknya Murmu menjadi presiden, itu berarti Murmu menjadi wanita kedua India yang menjabat sebagai presiden, yang pertama adalah Pratibha Patil, yang menjabat pada 2007-2012.

 sinpo

Komentar: