Pilpres 2024, Pengamat Sarankan Pak Bowo Rebut Massa Pendukung Jokowi

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 29 Juli 2022 | 23:37 WIB
Prabowo Subianto atau yang karib disapa Pak Bowo (Ist)
Prabowo Subianto atau yang karib disapa Pak Bowo (Ist)

SinPo.id - Partai Gerindra akan menggelar Rapimnas pada 13 Agustus 2022. Rencananya, di Rapimnas tersebut, Gerindra akan mengumumkan calon Presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 mendatang.

Hampir dipastikan Gerindra akan mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Selain itu, dalam Rapimnas, Gerindra juga akan mengumumkan partai yang akan berkoalisi.

Pengamat Politik Ujang Komarudin mengingatkan, Gerindra harus membangun koalisi yang solid. Meskipun jika hanya berkoalisi dengan PKB, Gerindra telah cukup mengantongi tiket untuk Pilpres 2024.

"Saya nilai lebih bagus ada tambahan partai yang ikut bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Sehingga peluang Pak Bowo jadi Presiden makin besar," ujar Ujang saat dihubungi, Jumat, 29 Juli 2022.

Ujang juga berpendapat, sebaiknya pria yang karib disapa Pak Bowo ini mulai berpikir bagaimana cara menarik basis dukungan Joko Widodo. Karena tak dapat dipungkiri, basis dukungan Jokowi masih sangat besar.

"Arah dukungan Jokowi sangat penting untuk diraih. Memang Jokowi tidak bisa mencalonkan lagi, tetapi Jokowi punya basis pendukung yang loyal," ucapnya.

Saat ini, kata Ujang, Pak Bowo harus terus meningkatkan elektabilitas. Sehingga kemungkinan untuk menang Pilpres 2024 makin terbuka lebar.

"Kan 2024 masih jauh nih, dan juga lawan politik Pak Bowo belum terlihat. Masih ada waktu untuk memperlebar jarak elektabilitas dengan tokoh-tokoh  yang beredar di top lembaga survei," pungkasnya.sinpo

Komentar: