Penghematan Energi, Aktivis di Paris Kampanye Matikan Lampu

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:18 WIB
Kampanye matikan lampu yang dilakukan aktivis di Paris (SinPo.id/AP)
Kampanye matikan lampu yang dilakukan aktivis di Paris (SinPo.id/AP)

SinPo.id -  Sejumlah aktivis di Paris melakukan kampanye 'flip the switch' atau mematikan lampu di sejumlah toko yang telah tutup. Kampanye ini merupakan simbol penghematan energi yang sedang dilakukan Eropa.

Para aktivis memanjat dinding, atau pipa saluran untuk mematikan saklar di tiap bangunan toko. Sebuah langkah untuk menghemat energi setelah Rusia memotong pasokan gas ke Eropa.

"Setiap orang akan merasakan dampak yang positif, dengan melakukan hal yang benar untuk mengurangi penggunaan energi secara keseluruhan," kata pelopor penggerak ekonomi energi yang populer di Prancis, Insinyur Kevin Ha, seperti dilanair dari VoA, Kamis 4 Agustus 2022.

Menteri Prancis yang mengawasi energi, Agnès Pannier Runacher, mengatakan bahwa musim dingin akan menjadi sangat buruk jika pasokan gas Rusia benar-benar terputus dan berhenti sampai tahun 2023.

"Jika pengiriman gas dipotong pada akhir tahun, itu berarti kita akan memiliki satu tahun penuh tanpa gas Rusia, jadi musim dingin berikutnya bisa lebih sulit," kata Pannier Runacher.

Oleh karena itu, dengan kampanye 'flip the switch', seluruh pemerintah di negara Eropa mendesak masyarakat agar lebih menghemat energi untuk menyimpan cadangan energi dalam menghadapi musim dingin.sinpo

Komentar: