FBI Khawatir Al Qaeda Rencanakan Serangan Besar ke AS

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Agustus 2022 | 16:28 WIB
Direktur FBI, Christopher Wray (SinPo.id/ Washington Times)
Direktur FBI, Christopher Wray (SinPo.id/ Washington Times)

SinPo.id - Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI), Christopher Wray, menyatakan kekhawatirannya tentang potensi serangan skala besar yang direncanakan Al Qaeda di Amerika, sebagai balasan dari tewasnya Ayman al-Zawahiri.

"Baik al-Qaeda Negara Islam, dan afiliasi mereka berniat untuk melakukan serangan skala besar di Amerika Serikat," kata Wray di hadapan Komite Kehakiman Senat, seperti dilansir dari VoA, Jumat 5 Agustus 2022.

Pihaknya yakin bahwa jika diberi kesempatan, Al Qaeda akan melakukan serangan. Namun karena saat ini kepemimpinannya terdegradasi, Al Qaeda akan lebih dulu fokus untuk menumbuhkan afiliasi internasionalnya.

Meski demikian, ancaman keamanan nasional yang dihadapi Amerika Serikat saat ini cukup berbahaya. Ancaman terbesar bisa berasal dari aktor tunggal atau kelompok kecil yang cenderung meradikalisasi secara online dan menyerang sasaran empuk.

"FBI membagi ancaman domestik menjadi dua, yakni ekstremis kekerasan domestik seperti supremasi kulit putih yang kejam dan ekstremis kekerasan yang tumbuh di dalam negeri seperti jihadis," ungkapnya.

Wray juga menegaskan bahwa FBI sedang menyelidiki sejumlah pengungsi Afghanistan yang diterbangkan ke Amerika Serikat, dan sebagian dari mereka masuk dalam daftar pantauan sebagai ancaman, atau potensi ancaman terhadap keamanan nasional.sinpo

Komentar: