Berkas Lengkap, KPU Bakal Verifikasi Partai Gelora

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 07 Agustus 2022 | 22:11 WIB
Jajaran Partai Gelora/SinPo.id/Ashar
Jajaran Partai Gelora/SinPo.id/Ashar

SinPo.id -  Ketua Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Kholik menyampaikan bahwa berkas Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) saat mendaftar calon peserta pemilu dinyatakan lengkap.

Tim KPU perlu melakukan pemeriksaan selama 50 menit terhadap berkas tersebut, hingga akhirnya dinyatakan Komplit.

"Kami melakukan pengecekan dokumen, maka pada kesempatan ini kami sampaikan kepada pemilih Indonesia bahwa Partai Gelora Indonesia dokumennya dianggap lengkap," ujar Idham dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Minggu, 7 Agustus 2022.

Menurut Idham, sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang pemilu, berkas yang disampaikan Partai Gelora selanjutnya akan masuk ke tahap verifikasi.

"Mulai hari esok dokumen Partai Gelora Indonesia akan memasuki tahapan verifikasi administasi yang di mana akan berlangsung hingga tanggal 11 September 2022," jelas Idham.

Untuk itu, Idham mengatakan, Partai Gelora dan partai peserta pemilu lainnya bakal mengetahui hasil verifikasi pendaftaran ini pada 14 September 2022.

"Pada tanggal 14 September 2022 kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada partai politik yang mendaftar termasuk di dalamnya Partai Gelora Indonesia," tukasnya.sinpo

Komentar: