Ini Pesan Anies Baswedan ke Paskribraka DKI Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengukuhkan Paskribraka DKI Jakarta (SinPo.id/dok.Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengukuhkan Paskribraka DKI Jakarta (SinPo.id/dok.Pemprov DKI)

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi DKI Jakarta, di Balai Agung, Senin 15 Agustus 2022 malam.

Keseluruhan anggota Paskibraka ini nantinya akan bertugas pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta, tanggal 17 Agustus 2022 di Lapangan Silang Monas.

Anies mengucapkan selamat kepada para anggota yang telah melewati proses seleksi panjang dan kemudian dilantik menjadi Paskibraka DKI Jakarta.

“Saudara sudah melewati proses seleksi yang panjang sehingga terpilih dan dikukuhkan menjadi pengibar bendera,” ujar Anies, dalam keterangannya, dikutip Selasa Agustus 2022.

Selain itu, Anies juga berpesan agar para anggota Paskibraka memaknai pengibaran bendera Merah Putih tidak sekadar seremonial saja. Pengibaran bendera harus dimaknai dengan kebanggaan dan rasa nasionalisme para anggota Paskibraka di manapun mereka berada.

“Sadari bahwa sesungguhnya tugas yang diembankan adalah bukan sekadar mengibarkan sang merah putih pada upacara besok, tugas dari Anda semua adalah mengibartinggikan Sang Merah Putih sepanjang hayat dikandung badan,” tuturnya. 

Anies juga mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita semua rasakan kini merupakan buah hasil dari perjuangan para pendahulu. Termasuk juga pengibaran Sang Merah Putih yang membutuhkan banyak sekali pengorbanan.

“Diperlukan perjuangan yang amat panjang tak terhitung jumlah nyawa, harta, tenaga, pikiran, yang dikorbankan, hari ini Anda bertugas mengibarkan diperlukan 3-empat menit. Tetapi orang tua pendahulu kita para pejuang untuk mengibarkan sang Merah Putih butuh tahunan, puluhan yang penuh dengan pengorbanan,” ujarnya. sinpo

Komentar: