majelis ulama indonesia

Ini Sejumlah Rekomendasi Mukerda I MUI DKI Jakarta

Laporan: Sinpo
Selasa, 30 April 2024 | 18:30 WIB
Sidang Rekomendasi, Mukerda I MUI DKI Jakarta. (SinPo.id/MUI DKI Jakarta)
Sidang Rekomendasi, Mukerda I MUI DKI Jakarta. (SinPo.id/MUI DKI Jakarta)

SinPo.id -  Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) I Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta merekomendasikan sejumlah hal yang ditujukan ke MUI Pusat, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Rekomendasi yang dibacakan Ketua LPPOM MUI DKI Jakarta, Deden Edi itu terbagi dalam rekomendasi Internal dan Eskternal.

“Rekomendasi Internal terdiri, Pertama, merekomendasikan kepadai MUI Pusat untuk mendukung penguatan struktur kelembagaan MUI DKI Jakarta seiring perubahan menjadi Daerah Khusus Jakarta pada tahun ini,” ujar Deden Edi, dalam pernyataan yang dikirim ke SinPo.id, Selasa 30 April 2024.

Kedua, merekomendasikan kepada MUI Pusat untuk mendukung penjabaran lembaga otonom di MUI Pusat agar dapat dibentuk di MUI DKI Jakarta. Ketiga, meminta MUI Pusat untuk membangun Design Knowledge Management untuk kepentingan organisasi MUI tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Keempat, tim ISO 9001:2015 yang sudah terbentuk dan tersertifikasi, untuk dapat dilanjutkan,” ujar Deden menambahkan.

Sedangkan kelima, merekomendasikan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung pengadaan gedung sekretariat MUI DKI Jakarta yang permanen. Dan keenam, membentuk lembaga Stress Center dan Konseling MUI DKI Jakarta untuk penanggulangan krisis mental,  rumah tangga dan remaja.

Selain itu MUI DKI juga merekomendasikan agar membentuk Fatwa Center MUI DKI Jakarta, baik offline maupun online. Selain iyu juga meminta agar setiap pengurus MUI DKI Jakarta tidak terjebak dalam politik praktis dengan membawa nama Lembaga.

Selain sejumlah rekomndais itu, MUI DKI Jakarta juga meminta agar menjaga keberlangsungan program, mengakomodir Ijtihad baru yang lebih Maslahat dan lebih sering menyapa Umat dalam bentuk interaksi langsung. Termasuk lebih berperan aktif dalam pendampingan korban bencana, khususnya mental spritual

Tak hanya rekomendasi internal, MUI DKI Jakarta juga mengeluarkan, rekomendasi eksternal, di antaranya kepada Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan anggaran yang sebanding dengan besarnya upaya MUI DKI dalam pelayanan Umat. Sedangkan dalam rangka menjaga keberlangsungan dan kesuksesan Jakarta Fair dan Wajib Halal Oktober (WHO), MUI DKI Jakarta merekomendasikan kepada penyelenggara untuk memastikan seluruh peserta expo telah miliki sertifikasi Halal.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Muhammad Faiz merasa bersyukur dengan lancarnya pelaksanaan Mukerda I MUI DKI Jakarta. "Program kerja yang dibahas dalam Mukerda ini akan kita jalankan hingga akhir kepengurusan kita," kata Ulama yang akrab disapa Gus Faiz itu.

Ia berharap MUI DKI Jakarta bisa tampil dengan 'baju’ yang baru, yaitu bisa menjaga warisan dari para Pendahulu tetapi tidak pernah bosan lakukan elaborasi dan kolaborasi serta melihat perkembangan zaman.

"Ada banyak yang harus kita kerjakan, era yang terus berganti dan perabadan yang terus berkembang," kata Gus Faiz menjelaskan.sinpo

Komentar: