Dewan Pers SinPo

Soal Nyapres, Pengamat Sebut Sandiaga Harus Taat Keputusan Partai

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 01 September 2022 | 17:30 WIB
Sandiaga Uno/Blog Amartha
Sandiaga Uno/Blog Amartha

SinPo.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dikabarkan siap maju nyapres di Pemilu 2024.

Pengamat Politik, Arif Nurul Imam menilai jika hal itu benar terjadi maka Sandi tidak taat dengan keputusan partai Gerindra.

Pasalnya, Gerindra final mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres di pemilu mendatang dan Sandi, kata Arif, selaku kader harus menaati keputusan tersebut.

"Sebagai kader Gerindra Sandiaga Uno, tentu seharusnya taat keputusan partai dimana Gerindra telah memutuskan akan mengusung Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres," kata Arif kepada SinPo.id, Kamis, 1 September 2022.

Kalaupun Sandi maju lewat partai lain, maka hal itu dinilai Arif sebagai bentuk ketidaktaatan.

"Artinya jika Sandiaga bersedia maju padahal merupakan kader Gerindra tentu ini sebuah ketidaktaatan pada keputusan partainya." tukas dia.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan kesiapannya apabila diusung untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

Dia menyampaikan itu saat ditanya awak media usai menghadiri acara silaturahmi bersama DPW PPP DI Yogyakarta, Selasa malam, 30 Agustus 2022.

"Siap (maju Pilpres 2024)," kata Sandi.

Dalam forum silaturahmi DPW PPP Yogyakarta, para elite partai berlambang ka'bah itu juga menilai Sandi sebagai figur yang pantas menjadi peserta Pilpres 2024.

Sandi pun mengapresiasi berbagai dukungan yang dialamatkan kepadanya sejauh ini. Termasuk dari kelompok yang telah memberikan kepercayaan kepadanya di Pilgub DKI Jakarta 2017 maupun Pilpres 2019 lalu.

"Saya mengucapkan terima kasih, baik di 2017 maupun 2019 rekan-rekan ternyata banyak yang ikut berjuang dan tentunya kita harapkan silaturahmi ini merupakan silaturahim yang memberikan panjang umur kita dan melimpahkan rezeki kita," paparnya.sinpo

Komentar: