Peter F Gontha Sebut Singapura Siap Ambil Alih Formula E dari Jakarta

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 08 September 2022 | 06:10 WIB
Mobil peserta Formula E/Getty Images
Mobil peserta Formula E/Getty Images

SinPo.id -  Mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F Gontha menginformasikan negara tetangga, Singapura siap untuk mengambil alih perhelatan balap mobil listrik Formula E Jakarta.

Menurut pengusaha tersebut, hal ini lantaran perhelatan balap mobil listrik internasional di Jakarta tersebut terus menerus diributkan oleh berbagai pihak, hingga berujung pemanggilan terhadap sejumlah pihak oleh KPK lantaran ada dugaan korupsi.

"Info A1 media international: SINGAPORE akan mengambil alih perhelatan balapan mobil FORMULA-E. Dan menandatangani perjanjian 10 tahun dengan FEO gara gara Indonesia ribut mengenai FORMULA E bulan lalu. Marilah kita ribut terus agar semua dilakukan di Singapore aja!," tulis Peter dalam cuitan akun media sosial Twitter miliknya @PeterGhonta yang dipantau di Jakarta, Rabu, 7 September 2022 malam.

Terkait dengan keberhasilan Formula E Jakarta 2022, lembaga riset Insititute for Development of Economic and Finance (Indef) sempat memperkirakan penyelenggaraan tersebut memberikan dampak ekonomi dengan nilai total Rp2,638 triliun bagi DKI Jakarta.

Dengan kata lain, ajang kebut-kebutan bebas emisi itu berkontribusi 0,08 persen pada pertumbuhan ekonomi Jakarta pada 2022.

"Artinya untuk ekonomi Jakarta akan menambah potensinya sebesar Rp2,63 triliun terhadap kegiatan ekonomi Jakarta dalam satu tahun," ujar Kepala Pusat Makro dan Keuangan Indef Rizal Taufikurahman dalam diskusi publik Dampak Penyelenggaraan Jakarta E Prix 2022, di Jakarta, 23 Juni 2022.

Kendati demikian, polemik ini terus bergulir lantaran ada dugaan korupsi di dalamnya. Teranyar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperiksa KPK dalam proses pengusutan kasus tersebut.sinpo

Komentar: