Blak-blakan ke Pak Bowo, Deddy Corbuzier Bangga Terhadap Komcad Hingga Terharu

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 09 September 2022 | 08:51 WIB
Prabowo Subianto bersama Deddy Corbuzier/Istimewa
Prabowo Subianto bersama Deddy Corbuzier/Istimewa

SinPo.id -  Deddy Corbuzier mengungkapkan kesan atas pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) TNI sekaligus mengapresiasi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang telah berupaya mewujudkan pembentuknan Komcad untuk memperkuat dan memperbesar kekuatan TNI ini.

Hal ini ia sampaikan langsung di hadapan Prabowo dan para Komcad 2022 pada Kamis, 8 September 2022 malam saat menghadiri malam penutupan dari serangkaian acara penetapan Komcad TNI 2022 di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat.

Deddy mengatakan bahwa dirinya terharu melihat semangat para Komcad saat unjuk kemampuan hingga meneteskan air mata.

“Pak saya jujur saja saya pagi ini melihat mereka semua itu saya meneteskan air mata Pak,” kata Deddy kepada Prabowo.

“Saya, ini saya cerita jujur, tahun lalu saya merasa seperti apa pelatihan ini tetapi setelah saya llihat secara pribadi Pak, Indonesia butuh lebih banyak orang-orang seperti kalian,” lanjutnya.

Hal ini pun disampaikannya kembali pada unggahan di Instagram pribadinya @mastercorbuzier usai acara.

“Salut untuk Pak Prabowo. Setahun lalu saya diminta untuk terlibat dalam proses luar biasa. Pembentukan Komcad di TNI. Hankamrata,” tulis Deddy.

Deddy mengatakan bahwa awalnya ia bertanya-tanya akan seperti apa pembentukan Komcad tersebut. Namun di hari itu ia melihat sendiri keterampilan dan kedisiplinan dari para Komcad.

“Indonesia butuh lebih banyak manusia yang terdidik untuk membela bangsanya baik dari serangan luar atau dalam negeri sendiri,” ucapnya.

“Dan mereka menjadi bagian dari hal itu. Pembela negara yang terlatih untuk berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan kesatuan NKRI,” lanjutnya.

Deddy menyambung bahwa pembentukan Komcad ini adalah jawaban dari kegelisahannya mengenai generasi mendatang yang secara edukasi paling pintar tetapi cenderung egosentris. Keresahan tersebut pernah diutarakan oleh Deddy dalam siaran podcastnya yang viral baru-baru ini.

“Hari ini saya sedikit lega. Masih banyak harapan untuk negara ini dan generasi kita ke depan,” ucapnya.

Sejumlah 2.974 orang Komcad 2022 telah ditetapkan pada Kamis, 8 September 2022 pagi di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Mereka adalah sumber daya manusia yang akan memperkuat dan memperbesar kekuatan TNI matra darat, laut, dan udara untuk menjaga kedaulatan negara.

“Pembentukan komponen cadangan yang berasal dari unsur warga negara dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan,” kata Prabowo dalam upacara di pagi itu.

Komcad 2022 ditetapkan dalam upacara yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan turut dihadiri oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudho Margono, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Komandan Korps (Dankor) Brimob Komjen Anang Revandoko, dan para Atase Pertahanan negara sahabat.

Para Komcad tahun 2022 ini telah menjalani latihan dasar dasar kemiliteran di masing-masing matra selama tiga bulan. Sebanyak 450 orang dilatih di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin, 499 di Kodikmar Surabaya, 500 orang di Pusdiklat Kopasgat Bandung, 50 orang di Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat, dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI.sinpo

Komentar: