8.350 Personel Polda Metro Jaya Kawal Aksi Unjuk Rasa di Tiga Titik Ibu Kota

Oleh: Ardi
Jumat, 09 September 2022 | 08:55 WIB
Ilustrasi aksi unjuk rasa (Istimewa)
Ilustrasi aksi unjuk rasa (Istimewa)

SinPo.id - 8.350 personel kepolisian dikerahkan mengamankan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di DKI Jakarta pada Jumat 9 September 2022. Lokasi aksi unjuk rasa ada di tiga titik, yaitu DPR, Patung Kuda, dan kantor LBH Menteng, Jakarta Pusat.

"Untuk perkuatan pengamanan kita turunkan sebanyak 8.350 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat 9 September 2022.

Berdasarkan pemberitahuan yang diterima oleh aparat Polda Metro Jaya, diketahui sejumlah elemen massa yang akan berunjuk rasa di antaranya dari komunitas ojol, dan sejumlah kelompok mahasiswa. Tuntutan massa adalah menolak kenaikan BBM. Kemudian ada elemen lain yang tidak memberitahukan.

"Hari ini sesuai pemberitahuan ada beberapa kelompok elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait BBM ini di DPR, Patung Kuda, dan LBH, Menteng, Jakarta Pusat. Ini kita antisipasi dan awasi," ujarnya. 

Dia mengapresiasi massa yang menyampaikan pemberitahuan terkait aksi ke pihak kepolisian. Polisi mengimbau masyarakat yang akan melakukan unjuk rasa untuk tertib dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurut dia, tidak ada penutupan lalu lintas selama demo berlangsung. Penutupan lalu lintas dilaksanakan secara situasional.

"Untuk penutupan lalu lintas melihat kondisi di lapangan," tambahnya.sinpo

Komentar: