Pak Bowo Langgeng Teratas di Sejumlah Survei 1,5 Tahun Terakhir, Ini Penyebabnya

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 29 September 2022 | 16:05 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Joko Widodo/Istimewa
Menhan Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Joko Widodo/Istimewa

SinPo.id -  Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil surveinya tentang dinamika elektabilitas partai politik dan calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024. 

Hasilnya, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih teratas dengan perolehan 31,5 persen, ketimbang nama-nama besar lainnya seperti Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan.

Terkait hal ini, Penelitis LSJ, Fetra Ardianto membeberkan indikator-indikator penyebab nama Prabowo langgeng teratas sebagai capres idola publik.

"Jadi yang pertama, pak Prabowo itu dinilai publik sebagai seorang menteri di bawah kabinet Jokowi yang memiliki kinerja terbaik. Bisa kita ketahui bersama bahwasanya pak Prabowo ini aktif sekali sebagai seorang menteri menggalang kerjasama dengan berbagai negara-negara luar, khususnya terkait dengan diplomasi pertahanan," kata Fetra saat dihubungi SinPo.id, Kamis, 29 September 2022.

Sebagai seorang Menhan, kerja-kerja Prabowo yang mendapat sorotan hingga dunia internasional membuat publik layak mengharapkanny menjadi Presiden penerus Jokowi.

"Itulah yang kemudian membuat kinerja Pak Prabowo ini menjadi seorang menteri yang terbaik," kata dia.

Selain itu, pengalaman Prabowo di bidang militer dan bisnis juga menjadi nilai plus bagi Ketua Umun Gerindra itu diidolakan publik.

"Beliau mengetahui apa solusi yang tepat untuk Indonesia terkait dengan ancaman (di bidang pertahanan). Kalau latar belakang pebisnis, tentunya ini terkait dengan ekonomi, investasi dan sebagainya. Dan pak Prabowo sudah mendalami hal itu sejak lama," tutur Fetra.

Fetra tak menampik jika hubungan baik yang dibangun Prabowo dengan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu indikator bagi publik untuk memilih Prabowo.

Oleh karenanya, wajar jika para pemilih Jokowi akan mendukung Prabowo menjadi Presiden 2024 mendatang.

"Sebab itu Prabowo menjadi salah satu harapan publik untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029 nanti," tukas dia.

Sebelumnya, dalam survei yang dirilis LSJ pada 27 September 2022 lalu, nama Prabowo Subianto tetap bertengger di posisi teratas dengan 31,5 persen.

Lalu, di posisi kedua diisi oleh Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 20,8 persen. Sementara, Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan 16,9 persen.

Survei ini merupakan survei lanjugan, dimana pada survei pertama LSJ bulan Januari 2022 lalu, elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung stagnan.

Sementara, tokoh-tokoh di luar ketiga nama di atas elektabilitasnya juga cenderung mandeg.

Seperti Ridwan Kamil (RK) yang berada di posisi ke-4 masih terpaku di angka 7 persenan. Sandiaga Uno yang sempat  bercokol di posisi ke-4 juga merosot hingga diambil alih RK.sinpo

Komentar: