Rapat Paripurna DPR RI Bahas RUU APBN Tahun 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 29 September 2022 | 16:31 WIB
Rapat paripurna DPR pembahasan RUU APBN (SinPo.id/Galuh)
Rapat paripurna DPR pembahasan RUU APBN (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id - DPR RI hari ini menggelar Rapat Paripurna ke-7 masa persidangan I tahun sidang 2022-2023 untuk pengambilan keputusan atas RUU tentang APBN Tahun anggaran 2023.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, dan dibacakan oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah.

"Kita berharap postur APBN 2023 ini kredibel, sehat dan berkesinambungan untuk menjawab tantangan tahun depan, serta meningkatkan kesahteraan seluruh rakyat Indonesia," kata Said, dalam Rapat Paripurna, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 29 September 2022.

Pihaknya juga mengatakan bahwa RUU APBN tahun 2023 telah dirancang dengan melihat adanya pergeseran tantangan yang akan dihadapu Indonesia tahun depan.

"Badan anggaran (Banggar) DPR RI dan pemerintah telah semaksimal mungkin melihat berbagai kemungkinan tantangan pada tahun depan sebagai kerangka mitigasi dalam mendesain APBN 2023," jelasnya.

Pasalnya, perekonomian Indonesia juga terkena dampak dari adanya perang Rusia dan Ukraina yang hingga kini masih terus berlanjut, dan mengakibatkan terganggunya sektor pangan dan energi.

"Perang Rusia dan Ukraina yang berlarut-larut membawa efek yang sangat serius terhadap ekonomi global, dan inflasi kian membumbung tinggi," ucapnya.sinpo

Komentar: