Kemenag: Setiap Tahun Ada 400 Ribu Perceraian

Laporan: Sinpo
Kamis, 29 September 2022 | 16:32 WIB
Ilustrasi kekerasan pada anak dan perempuan. Foto: Radar Kudus/Mahendra Aditya
Ilustrasi kekerasan pada anak dan perempuan. Foto: Radar Kudus/Mahendra Aditya

SinPo.id -  Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengungkap 400.000 pasangan bercerai dari 2 juta pernikahan setiap tahun. Ini membuat Indonesia mengalami masalah ketahanan keluarga.

"Kami bisa bayangkan 400.000 orang bercerai setiap tahun. Itu artinya 400.000 janda, duda dan mungkin jutaan anak yatim setiap tahun," kata Kamaruddin di Jakarta, pada Rabu 28 September 2022.

Menurut dia, masifnya angka perceraian di Tanah Air berdampak terhadap ketahanan nasional. Alasannya, ratusan ribu duda, janda, hingga anak yatim bakal menciptakan masalah sosial di tengah masyarakat. Namun, Kemenag berupaya mencegah dengan melakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memitigasi masalah keluarga. Seperti, untuk Bimbingan Pra Nikah dan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin (Bimwin Catin), Kemenag bekerja sama dengan lembaga terkait. Contohnya Kemenkes dan BKKBN.

"Tujuannya bisa menekan angka perceraian, angka perkawinan anak, stunting, dan kekerasan dalam rumah tangga. Karena mereka dibekali berbagai informasi pengetahuan, maka mereka bisa betul-betul membangun keluarga sakinah mawadah warahmah," tambahnya.
sinpo

Komentar: