Kurangi Emisi, DPR Siap Tunjukkan Pembangunan Ekonomi Hijau di P20

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 30 September 2022 | 01:55 WIB
Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) DPR RI, Gilang Dhielafararez. Foto: Dok. Pribadi
Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) DPR RI, Gilang Dhielafararez. Foto: Dok. Pribadi

SinPo.id - Sebagai tuan rumah dalam perhelatan The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20), DPR siap menunjukkan strategi pembangunan ekonomi hijau dan rendah karbon untuk mengurangi emisi.

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) DPR RI, Gilang Dhielafararez, mengatakan hal tersebut merupakan komitmen Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

"DPR telah memulai menerapkan kebijakan-kebijakan yang ramah lingkungan atau go green, salah satunya dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Gedung DPR," kata Gilang dalam keterangan tertulisnya, Kamis 29 September 2022.

Menurutnya, panel surya yang dibangun di Taman Energi DPR telah dipakai untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik di lingkungan parlemen sebagai penerapan praktik kehidupan go green.

“Tentunya isu green economy penting dibawa mengingat masalah kerusakan lingkungan menjadi salah satu isu darurat yang dihadapi dunia," imbuh Gilang.

Pasalnya, dalam perhelatan P20 kali ini, DPR mengusung tema yang sejalan dengan tema Presidensi G20, yakni ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’, dengan empat isu yang akan diangkat.

Pertama mengenai pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Kedua soal ekonomi inklusif dan ekonomi kuat. Ketiga terkait parlemen efektif dan demokrasi dinamis. Keempat mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

 sinpo

Komentar: