Komisi III DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Anggota Komnas HAM

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 30 September 2022 | 12:41 WIB
Habiburokhman/SinPo.id
Habiburokhman/SinPo.id

SinPo.id -  Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 14 calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 30 September 2022, sekitar pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan jadwal agenda yang didapatkan SinPo.id, uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komnas HAM akan dilaksanakan selama dua hari, yakni hari ini, Jumat 30 September 2022 dan Senin 3 Oktober 2022.

Anggota Komisi III DPR RI, Habiburokhman berharap bahwa ingin uji kelayakan dan kepatutan dapat diselesaikan hari ini. 
Sebab Selasa 4 Oktober 2022, DPR sudah menggelar penutupan masa persidangan, jika proses tersebut tidak rampung, maka kursi komisioner komnas HAM bakalan kosong.

"Selasa depan kan sudah penutupan masa sidang, jadi waktu mepet sekali. Jangan sampai terjadi kekosongan komisioner Komnas HAM, bisa bahaya," kata Habiburokman kepada wartawan, Jumat 30 September 2022.

Habiburokman memandang pembentukan pantia seleksi (pansel) dan proses seleksi calon anggota Komnas HAM sudah terlambat. Sehingga pengambilan keputusan harus segera dilaksanakan.

"Kalau saya akan mengusulkan hari ini juga segera diputus karena pembentukan pansel dan proses seleksi sebenarnya sudah terlambat," ucapnya.

Berikut merupakan 14 kandidat calon anggota Komnas HAM yang melakukan fit and proper test:

1.  Abdul Haris Semendawai
2. Amiruddin
3. Anis Hidayah
4. Antonio Padjasto Hardojo
5. Atnike Nova Sigiro
6. Beka Ulung Hapsara
7. Chrisbiantoro
8. Hari Kurniawan
9. Prabianto Mukti Wibowo
10. Pramono Ubaid Tanthowi
11.  Putu Elvina
12.  Rita Serena Kolibonso
13.  Saurlin P. Siagian
14.  Uli Parulian Sihombingsinpo

Komentar: