Ian Jadi Badai Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Florida

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 30 September 2022 | 12:52 WIB
Imbas fenomena badai Ian/Reuters
Imbas fenomena badai Ian/Reuters

SinPo.id -  Badai Ian, disebut sebagai badai terkuat yang pernah melanda daratan Amerika Serikat (AS), yang mengakibatkan bencana besar di Florida sebelum kembali ke Samudra Atlantik.

Gubernur Florida, Ron DeSantis, menyatakan bahwa sejumlah orang tewas akibat badai, namun jumlah korban tewas belum dapat dipastikan.

"Kami sepenuhnya berharap ada kematian akibat badai ini," kata DeSantis, seperti dilansir dari Reuters, Jumat 30 September 2022.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden, juga berbicara di markas Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) di Washington, dan mengatakan bahwa Ian bisa menjadi badai yang paling mematikan dalam sejarah negara bagian Florida.

"Jumlah korban masih belum jelas, tetapi kami mendengar laporan awal tentang adanya sejumlah korban," ungkapnya.

Pasalnya, pihak berwenang baru melaporkan satu orang tewas akibat badai, yakni seorang pria berusia 72 tahun di Deltona, yang keluar dari rumahnya saat badai menghantam wilayah tersebut.

Menurut Badan Cuaca Nasional, badai Ian akan kembali mendarat di utara Charleston, dari perbatasan dari garis pantai perbatasan Carolina Selatan dengan Georgia, pada Jumat siang.

Menanggapi hal itu, Gubernur Carolina Utara, Roy Cooper, mendesak warga untuk segera mengambil tindakan antisipasi, karena badai Ian berpotensi menciptakan gelombang badai atau tornado yang mengancam jiwa.

"Badai ini masih berbahaya," kata Cooper, yang juga memperingatkan kemungkinan banjir, tanah longsor dan tornado.
 sinpo

Komentar: