Arkeolog China Temukan Situs Reruntuhan Kerajaan Dian Kuno di Yunnan

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 17:11 WIB
Sebuah fondasi bangunan yang diduga sebagai bagian dari kerajaan Dian kuno/Xinhua
Sebuah fondasi bangunan yang diduga sebagai bagian dari kerajaan Dian kuno/Xinhua

SinPo.id -  Tim arkeolog China berhasil menemukan situs reruntuhan Kerajaan Dian kuno di Provinsi Yunnan, China barat.

Mereka juga berhasil menggali reruntuhan bangunan dan benda-benda yang membuktikan administrasi praktis daerah tersebut oleh Dinasti Han Barat (202 SM-25 M).

Situs relik Hebosuo yang diyakini sebagai area permukiman Kerajaan Dian kuno, merupakan lokasi ditemukannya reruntuhan bangunan, makam, dan lebih dari 2 ribu relik budaya, seperti segel yang terbuat dari tanah liat, potongan bambu dan kayu, serta benda-benda yang terbuat dari giok.

Direktur Institut Arkeologi dan Peninggalan Budaya Yunnan, Liu Zhenhxion mengatakan sejumlah penemuan paling penting di situs itu adalah segel yang dibuat dari tanah liat, potongan bambu dan kayu yang melestarikan identitas aksara dan pejabat setempat pada masa itu.

"Penemuan ini menambah lebih banyak bukti bagi proses bagaimana China menjadi negara yang bersatu dan multietnis," kata Peneliti di Institut Arkeolog dan Peninggalan Budaya Yunnan, Jiang Zhilong demikian dikutip dari Antara, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kerajaan Dian kuno ditaklukkan oleh penguasa Dinasti Han Barat pada saat itu, dan dimasukkan ke dalam teritori Dinasti Han Barat sebagai daerah Yizhou.

Bersama dengan reruntuhan bangunan itu, sebuah jalan selebar 12 meter, ubin, dan atap mengindikasikan bahwa pusat administratif Yizhou Jun atau Prefektur Yizhou berada di dekat situs tersebut.

Penemuan itu diumumkan lewat konferensi pers yang diadakan oleh Administrasi Warisan Budaya Nasional China pada Rabu, 28 September 2022, dan dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologis penting di China. sinpo

Komentar: