Dewan Pers SinPo

Parliamentary20, Senayan sebut Rusia Potensial untuk Kerja Sama Investasi

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI - Parlemen Rusia Adies Kadir mengatakan Rusia sebagai negara yang berpotensi diajak kerja sama investasi. Adies mengacu nilai realisasi investasi Rusia di Indonesia yang terus meningkat yang mencapai 8,7 juta dollar.

"Bagi kami, Rusia juga merupakan negara potensial untuk kerja sama investasi, karena nilai realisasi investasi Rusia di Indonesia yang terus meningkat,” kata Adies saat menggelar pertemuan bilateral dengan Chairwoman of the Federation Council of the Russian Federation Valentina Matviyenko, Rabu  5 Oktober 2022.

Adies mengacu data Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia yang menyebut nilai investasi Rusia di Indonesia  hingga Juli tahun 2022 mencapai 8,7 juta dolar AS dalam bentuk 149 proyek.

Sedangkan data Kementerian Perdagangan Indonesia mencatat, total perdagangan kedua negara hingga Mei 2022 mencapai 1,38 miliar dolar AS atau naik 31.90 persen dibanding periode yang sama tahun 2021.

“Bahkan kerja sama modernisasi alutsista antara Indonesia dan Rusia cukup baik,” kata Adies.

Bagi Adies menilai Rusia merupakan alternatif negara untuk pengadaan atau modernisasi alutsista pertahanan Indonesia. Dengan belanja alutsista Indonesia dari Rusia sekitar 30 persen seperti pesawat militer Sukhoi, helikopter, dan tank.

Selain itu, Adies menyebut wisatawan Rusia juga berkontribusi dalam peningkatan ekonomi Indonesia dengan jumlah wisatawan asal Rusia yang berkunjung mengalami peningkatan. Ia mengacu Badan Pusat Statistik Indonesia mencatat, untuk tahun 2022 hingga bulan Juni, jumlah wisatawan Rusia yang masuk ke Indonesia adalah sebesar 12.760 orang (naik 308.58 persen dibanding periode yang sama tahun 2021).

“Kami berharap, hubungan dan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Rusia yang sudah berjalan dengan baik ini dapat terus ditingkatkan," katanya.sinpo

Komentar: