Dewan Pers SinPo

PSSI Siap Laksanakan Perintah Presiden Soal Evaluasi Total Manajemen Sepak Bola

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 11:47 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Ketua PSSI M Iriawan saat meninjau Stadion Kanjuruhan/ PSSI.org
Presiden Joko Widodo bersama Ketua PSSI M Iriawan saat meninjau Stadion Kanjuruhan/ PSSI.org

SinPo.id - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo terkait evaluasi tata kelola sepak bola di Indonesia. Sehingga diharapkan kejadian seperti di petaka Kanjuruhan tak lagi terjadi di masa depan.

"Setiap perkembangan (evaluasi) yang ada, akan saya laporkan kepada Presiden," kata Iriawan dalam keterangannya, Kamis 6 Oktober 2022. 

Iwan Bule juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan perhatian serius terhadap insiden Kanjuruhan. 

"Terima kasih Bapak Presiden atas perhatiannya selama ini. Kami (PSSI) juga berterima kasih kepada Presiden terkait rencana perbaikan beberapa stadion yang dipakai untuk kompetisi,'' ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Iriana Joko Widodo meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu 5 Oktober 2022. Usai melakukan peninjauan, Jokowi menegaskan perlu evaluasi menyeluruh soal tata kelola persepakbolaan di Indonesia.

"Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” tegas Jokowi seperti dilansir BPMI Setpres.

Saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Jokowi mendapat sejumlah gambaran mengapa insiden yang menyebabkan ratusan nyawa melayang itu bisa terjadi. Kata dia ada banyak faktor sehingga petaka yang terjadi pada 1 Oktober 2022 itu terjadi.

"Saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” jelasnya.sinpo

Komentar: