Dewan Pers SinPo

Parliamentary20, Saatnya Parlemen Bertindak Selesaikan Masalah Global

Laporan: Sinpo
Kamis, 06 Oktober 2022 | 11:45 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Agenda Parliamentary20 atau P20 yang digelar di Senayan menjadi momentum parlemen bertindak selesaikan masalah global. Tercatat persoalan itu dapat dilihat kondisi masyarakat dunia disuguhkan dengan cerita tentang kemiskinan, pengangguran, kelaparan, kerawanan pangan, polarisasi, perpecahan, perang dan masuknya pengungsi.

“Tak hanya itu, ketidaksetaraan dan kesenjangan, penurunan ekonomi dan krisis utang, bencana iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati, pandemi dan kurangnya akses ke perawatan kesehatan universal, korupsi yang meluas dan otoritarianisme,” kata  Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, di acara Parlementary Forum di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 5  Oktober 2022 kemarin.

Menurut Fadli, Parliamentary20 atau P20 saat yang tepat bertindak secara kolektif dan bersama-sama menegaskan bahwa parlemen mengambil peran utama untuk memastikan bahwa semuanya harus mengambil tindakan nyata.

 “Pertama dan terpenting adalah tindakan untuk mengamankan kerja sama global sebagai solusi terbaik untuk menuju kesatuan global bukan keberpihakan, kerja sama bukan perpecahan, dan sinergi bukan perselisihan, atau yang disebut multilateralisme.,”  kata Fadli menjelaskan.

Fadli berharap forum ini bermanfaat dan produktif, dengan kebersamaan kita yang lebih solid, dalam damai, aman, makmur dan tanpa ada yang tertinggal. Tidak ada yang tidak mungkin untuk pulih lebih kuat dan lebih berkelanjutan.sinpo

Komentar: