Lagi, Seorang Anak di Palestina Tewas Ditembak Pasukan Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:54 WIB
Jenazah anak lelaki di Palestina/Reuters
Jenazah anak lelaki di Palestina/Reuters

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan seorang anak laki-laki Palestina berusia 12 tahun, meninggal setelah perutnya ditembak oleh pasukan Israel dalam serangan di pendudukan Tepi Barat.

Mahmoud Samoudi, merupakan salah satu remaja yang tewas dalam operasi militer Israel di Jenin pada 28 September, setelah empat remaja Palestina lainnya dibunuh oleh pasukan Israel dalam insiden terpisah.

Pada hari Senin, sekelompok pria membawa jenazah Samoudi, yang dibungkus dengan bendera Palestina, di sepanjang rute dalam prosesi pemakaman yang dipenuhi pelayat.

Menanggapi insiden tersebut, Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan telah mengirim surat kepada sekretaris jenderal PBB untuk memberikan perlindungan khusus bagi anak-anak Palestina.

Dalam surat itu juga tertulis bahwa sejak Januari, Israel telah "sengaja" membunuh lebih dari 44 anak-anak Palestina dan anak di bawah umur dengan sengaja membidik tubuh bagian atas mereka.

Namun, dilansir dari Reuters, militer Israel tetap menolak tuduhan bahwa mereka sengaja menargetkan anak-anak, meski sudah banyak anak-anak yang menjadi korban dalam operasi militer tersebut.

"Pasukan menggunakan tembakan langsung hanya setelah semua opsi lain habis, dan sesuai dengan prosedur operasional yang selaras dengan hukum internasional," kata militer Israel, Selasa 11 Oktober 2022.

Seperti diketahui, lebih dari 100 warga Palestina di pendudukan Tepi Barat telah tewas tahun ini. Terlebih ketika Israel melancarkan serangan jalanan yang fatal di sejumlah kota, dan menewaskan 19 orang.
sinpo

Komentar: