Putin Akui Rusia Siap Salurkan Gas Alam Tambahan ke Uni Eropa

Laporan: Sinpo
Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:10 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin/ BBC
Presiden Rusia Vladimir Putin/ BBC

SinPo.id - Presiden Vladimir Putin mengatakan, Rusia siap mengirimkan volume tambahan gas alam ke Uni Eropa (EU) pada periode musim gugur dan musim dingin ini. Salah satu dari dua jalur pipa Nord Stream 2 lolos dari insiden kebocoran baru-baru ini, dan Rusia bersedia mengirimkan gas melalui jalur pipa tersebut ke Eropa.

"Kapasitasnya mencapai 27,5 miliar meter kubik per tahun, atau sekitar 8 persen dari total impor gas Eropa. Rusia siap memulai pengiriman itu. Keputusannya ada di tangan EU," kata Putin dalam sesi pleno forum internasional "Pekan Energi Rusia" di Moskow seperti dilansir Antara, Rabu 12 Oktober 2022.

Rusia juga dapat mengirimkan volume yang hilang melalui pipa Nord Stream itu ke kawasan Laut Hitam dan membuat rute pasokan utama ke Eropa melalui Turki.

"Jika, tentu saja, mitra-mitra kami tertarik dengan ini," katanya.

Putin juga mengaku khawatir tentang harga energi yang tidak stabil dan ketidakseimbangan dalam penawaran dan permintaan. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengkritik negara-negara tertentu.

"Negara yang semata-mata disetir oleh ambisi geopolitik mereka sendiri, melakukan diskriminasi secara terang-terangan di pasar," ucap dia.

Putin menyebut sabotase pipa gas Nord Stream 1 dan 2 sebagai "aksi terorisme internasional." Menurutnya, mereka yang berada di balik sabotase tersebut berusaha untuk sepenuhnya memutus hubungan antara Rusia dan EU, melemahkan potensi industri Eropa, dan merebut pasar.sinpo

Komentar: