Halte Bundaran HI Terasa Bergetar, PT Transakarta Jamin Keamanan

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 13 Oktober 2022 | 09:52 WIB
Halte Tranjakarta Bundaran HI/ Twitter JJ Rizal
Halte Tranjakarta Bundaran HI/ Twitter JJ Rizal

SinPo.id - PT Transjakarta menjamin keamanan Halte Bundaran HI yang saat ini masih dalam proses revitalisasi. Pasalnya, terdapat getaran yang dirasakan pada struktur bangunan yang masih dalam pengerjaan ini, terutama pada lantai dua. 

"Walaupun kondisi halte tersebut memang belum selesai 100 persen. Tapi kami menjamin dari aspek keselamatan 100 persen, tidak ada toleransi tetap kami jamin," kata Direktur Operasional PT Transjakarta, M Indrayana saat dikonfirmasi, Kamis 13 Oktober 2022. 

Indrayana menjelaskan bahwa getaran tersebut disebabkan oleh dua hal, yang pertama karena menggunakan pondasi dangkal yang disebabkan, bangunan tersebut berada di atas jalur Mass Rapid Transit (MRT) sehingga tidak mungkin membuat pondasi dalam. 

"Karena bangunan ini berada di atas jalur MRT, sehingga memang kita tidak mungkin membuat pondasi dalam, ada istilahnya pondasi dangkal yang sifatnya Floating," terang Indrayana.

Kemudian yang kedua, lanjutnya, bangunan tersebut menggunakan konstruksi baja yang memiliki kelenturan tertentu dan tidak sekaku beton. Sehingga, ketika seseorang berdiri, memungkinkan adanya goyangan. Namun hal ini, masih dalam batas toleransi.

"Jadi nanti kalau ada MRT lewat (di bawah tanah) atau kendaraan dalam kecepatan tinggi ataupun kendaraan berat lewat, ataupun ketika kendaraan kita yang articulated (bersambung) lewat, mungkin kita akan merasakan getaran-getaran tapi itu enggak ada masalah dan masih dalam batas toleransi," tuturnya. 

Kendati demikian, Indrayana menyampaikan, pihaknya akan melakukan pembatasan terutama di bagian sky deck di lantai dua, yang memiliki view langsung menghadap Tugu Selamat Datang dengan pembatasan maksimal 20 orang dalam satu waktu. 

"Sebenarnya secara kekuatan tentunya lebih, tapi ini kan buat safety factor dan kami lihat dengan 20 orang di sana itu, buat kondisi nyaman orang di sana untuk foto-foto, nanti kalau lebih dari itu enggak nyaman," ujarnya.

Untuk diketahui, Halte Bundaran HI ini diproyeksikan akan menjadi halte ikonik bersama Halte Integrasi Cikoko St Cawang, Halte Sarinah (Thamrin), Halte Dukuh Atas 1, dan Halte Tosari sebagai kembaran Halte Bundaran HI.sinpo

Komentar: