Cegah Osteoporosis, Kemenpora Ajak Masyarakat Rajin Olahraga untuk Jaga Kebugaran

Laporan: Sinpo
Minggu, 23 Oktober 2022 | 23:53 WIB
Hari Osteoporosis Nasional . (foto:dok/istimewa)
Hari Osteoporosis Nasional . (foto:dok/istimewa)

SinPo.id -  Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, Sekretaris Deputi (Sesdep) Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Esa Sukmawijaya menghadiri kegiatan Hari Osteoporosis Nasional (HON) di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 23 Oktober 2022. Melalui momentum ini, Kemenpora mengajak seluruh masyarakat untuk terus berolahraga guna menjaga kebugaran. 

Sesdep Esa mengatakan, HON ini diadakan oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi). Kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat dan berlangsung semarak. 

"Ini sekaligus kampanye besar-besaran agar masyarakat terus berolahraga dan menjaga kebugaran. Dengan kebugaran maka kita akan produktif, terhindar dari beragam penyakit," ujar Sesdep Esa.

Kemenpora, kata Sesdep Esa sangat mengapresiasi acara yang mengusung tema 'Indonesia Bergerak Kuatkan Tulang Produktif Kini dan Nanti' itu. Peringatan HON tersebut juga diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti senam bersama. 

"Jadi kita sangat mendukung langkah Perwatusi ini. Masyarakat harus produktif, bugar dan sehat. Usia lanjut saja tetap bersemangat untuk berolahraga, hal ini jelas jadi contoh baik bagi kaum muda kita. Kampanye yang dilakukan hari ini sangat baik dalam upaya mencegah osteoporosis," jelas Sesdep Esa. 

Lebih lanjut, Sesdep Esa menerangkan saat ini sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional, atau yang populer dengan sebutan DBON. Disamping itu juga ada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. 

"Jadi keduanya itu DBON dan Undang_Undang Nomor 11 Tahun 2022 harus kita jalankan dengan baik. Untuk mendapatkan atau menciptakan prestasi, masyarakat harus bugar," tuturnya. 

Dalam kesempatan ini, Sesdep Esa juga mengajak Perwatusi untuk terus berkolaborasi bersama Kemenpora. Salah satunya yakni bersama-sama mengikuti senam setiap Jumat.

"Saya sudah mengajak Perwatusi untuk mari terus bersama-sama kolaborasi dalam mengikuti senam pada Jumat Krida di Kemenpora. Alhamdulillah mereka antusias dan siap tampil," pungkas Sesdep Esasinpo

Komentar: