PDIP Panggil Ganjar Gegara Nyatakan Siap Nyapres, Pengamat: Wajar

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 24 Oktober 2022 | 15:33 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ Instagram Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ Instagram Ganjar Pranowo

SinPo.id - DPP PDI Perjuangan akan memanggil Ganjar Pranowo. Pemanggilan itu merupakan buntut dari ucapan Ganjar yang mengaku siap maju menjadi calon presiden 2024 mendatang.

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai pemanggilan Ganjar oleh PDIP sangat masuk akal. Menurut dia, partai politik pasti memiliki aturan yang wajib ditaati oleh setiap kader.

"Itu hal yang wajar kalau PDIP memanggil Ganjar, karena itu soal aturan disiplin partai yang harus dipatuhi semua kader. Kalau di partai tidak ada aturan main, bebas-bebas saja, hancur partai itu," ujar Ujang saat dihubungi, Senin, 24 Oktober 2022.

Ujang mengatakan, PDIP sebagai partai yang menaungi Ganjar, ingin memperingatkan kepada seluruh kader, jika PDIP tidak akan pandang bulu bagi kader yang tidak disiplin.

"Justru menegakkan disiplin dengan cara menegakkan aturan itu penting. Jadi pemanggilan kepada Ganjar, Rudy, atau siapa saja yang dianggap melakukan tindakan indisipliner," ucapnya.

Namun, Ujang memandang ihwal pemanggilan Ganjar hanya sebatas teguran kepada yang bersangkutan, tidak mungkin ada pemecatan.

"Saya sih melihat belum ada pemecatan, peringatan dulu. Peringatan satu, dua, lalu nanti peringatan tertulis dan sebagainya. Jadi ada mekanismenya, kan dipanggil dulu klarifikasi. Pecat masih panjang," kata Ujang.

 sinpo

Komentar: