Kominfo Pastikan Peralihan TV Analog Ke Digital Dimulai 2 November

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 24 Oktober 2022 | 15:55 WIB
Menkominfo Johnny G Plate (tengah)/ Tangkapan layar
Menkominfo Johnny G Plate (tengah)/ Tangkapan layar

SinPo.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mematikan siaran TV analog di Indonesia atau Analog Switch Off (ASO). Perpindahan dari analog ke digital itu akan dilakukan pada 2 November 2022 mendatang. 

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan ASO dilakukan di 9 kabupaten kota di Jabodetabek dan 173 kota kabupaten non terestrial service. Sedangkan untuk wilayah lain akan dilihat dari kesiapannya terlebih dahulu.

"Dapat kami sampaikan dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang akan melakukan analog switch off saat ini pada 2 November yaitu 8 kota, dan kabupaten di 4 wilayah siaran telah dilaksanakan analog switch off pada bulan April yang lalu. Jabodetabek yang terdiri dari 9 kabupaten dan kota, akan dilaksanakan analog switch off pada 2022 dan 173 kabupaten kota non terestrial service atau tidak ada layanan tv terestrial," kata Jhony dalam keterangannya di Gedung Kemenkopolhukam Jakarta, Senin 24 Oktober 2022.

Jhony mengungkapkan, dengan demikian total sudah ada 222 Kabupaten Kota yang telah dilakukan ASO. Sementara itu masih terdapat 296 Kabupaten Kota yang akan dilakukan ASO sesuai dengan kesiapannya masing-masing.

Jhony mengungkapkan infrastruktur untuk menunjang ASO pada tagal 2 November mendatang sudah tersedia. Baik yang disediakan penyelenggara, televisi swasta yang sudah diberi lisensi maupun oleh pemerintah, dalam hal ini Kominfo dan TVRI.

"Dari sisi infrastruktur multiplex tanggal 2 november keseluruhan infrastruktur multiplex sudah akan tersedia. Namun dari sisi distribusi set tv box yang masih harus kita sempurnakan," ujar Jhony.

Hingga saat ini, lanjut Jhony, telah dibagikan set tv box di wilayah Jabodetabek kepada 479 ribu keluarga yang dikategorikan miskin. Distribusi telah mencapai 98,44 persen dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 set up box atau 76 persen dan seluruh penyelenggara multiplex menyediakan 112.844 set up box atau 24 persen.

Kominfo berharap proses pelaksanaan analog switch off atau ASO pada bulan november di wilayah jabodetabek bisa berjalan dengan baik. 

"Selanjutnya akan kami meneliti analog switch off untuk wilayah-wilayah baik kabupaten, kota, atau kota-kota provinsi penting di Indonesia untuk segera melakukan analog switch off sesuai kesiapan wilayah masing-masing," tandasnya.

 sinpo

Komentar: