Obat Gagal Ginjal Akut Mulai Didistribusikan ke Rumah Sakit di Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 31 Oktober 2022 | 16:35 WIB
Ilustrasi obat/ Istimewa
Ilustrasi obat/ Istimewa

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta menyampaikan obat penyakit gagal ginjal akut misterius sudah sampai di Ibu Kota Jakarta dan mulai didistribusikan ke rumah sakit. 

"Obat sudah sampai di Indonesia, sudah sampai di Jakarta. Nah di Jakarta saat ini masih dibagikan, didistribusikan ke rumah sakit yang merawat," kata Kepala Dinas Kesehatan, Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Senin 31 Oktober 2022. 

Widyasatuti mengatakan, pendistribusian obat tersebut dilakukan langsung oleh kementerian kesehatan (Kemenkes) ke fasilitas kesehetan, tanpa melalui Dinkes DKI. 

“Karena jumlah kasusnya masih relatif belum banyak dan terfokus di beberapa rumah sakit saja. Sehingga supaya cepat langsung ke faskes yang merawat,” katanya. 

Kendati demikian, Widyastuti mengakatan, tidak menutup kemungkinan nantinya pendistribusian obat tersebut melalui Dinkes bergantung pada kondisi peningkatan kasus. 

"Tapi tidak menutup kemungkinan langsung akan bergerak sesuai dengan kondisi, seperti halnya distribusi obat maupun vaksin, biasanya juga bisa melalui Dinkes, itu nanti kita lihat," katanya.

Widyastuti juga menjelaskan untuk pemberian obat nantinya, tergantung pada sifat dan kondisi pasien yang mengidap kasus ginjal akut dan kandungan zat yang terdampak dalam tubuh pasien. 

"Tentu kalau sudah tidak terdeteksi tentu juga pasti ada pembubaran dalam proses. Bisa bertanya kepada dokter spesialis dan juga pada anak," katanya. sinpo

Komentar: