MPR Minta Pemerintah Segera Tekan Laju Penyebaran Covid-19

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 12 November 2022 | 10:48 WIB
Bambang Soesatyo/dok: Humas MPR
Bambang Soesatyo/dok: Humas MPR

SinPo.id -  Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera menekan laju percepatan penyebaran Covid-19. Pemerintah harus mengoptimalkan fasilitas kesehatan dan memberikan layanan terbaik bagi pasien Covid-19.

"Sehingga, mereka dapat melakukan isolasi di tempat yang disiapkan atau direkomendasikan oleh pemerintah. Hal ini penting agar tidak terjadi penularan di lingkup komunitas atau keluarga. Mengingat klaster komunitas atau keluarga memiliki penularan 10 kali lipat lebih tinggi dibanding klaster-klaster lainnya," kata Bamsoet melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 12 November 2022.

Bamsoet juga meminta pemerintah daerah (pemda) hingga tingkat RT dan RW bersama gugus tugas covid-19 di daerah berperan aktif dalam memantau kondisi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Mulai dari memperhatikan ruang isolasi pribadi hingga mengingatkan warganya agar saling menjaga protokol kesehatan di lingkup keluarga.

Di sisi lain, Bamsoet mengingatkan agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah. Warga diharap berkegiatan hanya untuk hal-hal yang penting saja.

"Di samping mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan covid-19, terutama penggunaan masker ketika beraktivitas. Selain itu, mengimbau kepada masyarakat yang belum menerima vaksinasi agar segera mengakses program vaksinasi ke fasilitas terdekat," kata Bamsoet.

Politikus Golkar ini mendesak pemerintah komitmen pemerintah untuk terus berupaya menciptakan kekebalan komunitas melalui percepatan pemberian vaksinasi covid-19. Terutama, dosis ketiga atau booster.

"Hal ini penting untuk menekan angka rawat inap hingga kematian akibat covid-19. Mengingat mayoritas pasien saat ini terkonfirmasi positif saat ini belum divaksin booster," tegas dia.sinpo

Komentar: