Dewan Pers SinPo

Pj Gubernur DKI Sebut Cianjur Punya Andil Besar Bagi Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 23 November 2022 | 12:16 WIB
Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono/Pemprov DKI
Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono/Pemprov DKI

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, Cianjur sebagai kawasan agraris penghasil padi dengan jenis beras berkualitas, punya andil besar bagi Indonesia dan Jakarta. Terlebih Cianjur sebagai salah satu yang termasuk Kawasan Strategis Nasional (KSN). 

Menurutnya, musibah yang melanda wilayah tersebut layak mendapat perhatian semua pihak, termasuk Pemprov DKI Jakarta, karena sebahai mana diketahui musibah tersebut telah menelan banyak korban jiwa, harta benda dan infrastruktur. 

"Saya tentu berduka dan belasungkawa atas musibah gempa di Cianjur. Dan ini menjadi perhatian kami juga karena Cianjur termasuk KSN yang punya andil bagi Jakarta dan Indonesia," kata Heru dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 23 November 2022. 

"Cianjur juga sebagai perlintasan dua kota besar yang kita kenal sebagai salah satu daerah agraris penghasil padi yang punya varietas beras Pandan Wangi dan menjadi khas Indonesia sejak tahun 1937," tambahnya. 

Selain itu, kata Heru, Cianjur juga sebagai kawasan dengan keasrian dan kesejukan alamnya merupakan salah satu daerah dengan potensi sumber daya alam yang luar biasa. 

Dari aspek geografis, Cianjur memiliki tanah yang mengandung zat organik tinggi sehingga menjadi faktor pendukung untuk menghasilkan berbagai komoditas perkebunan. 

"Gempa kemarin tentu berdampak pada lalu lintas perekonomian warga, kelangsungan pendidikan dan juga psikologi masyarakat, sehingga itu kami dan kita semua terpanggil untuk bersama sama membantu," katanya. 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan tim tanggap darurat beserta bantuan logistik senilai Rp 2 miliar lebih, untuk membantu penanganan korban gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin 21 November 2022. 

Bantuan senilai Rp 2.129.703.468

tersebut, berupa peralatan seperti tenda pengungsi, kasur, sekop, dll. Selain itu juga, perlengkapan medis, serta perlengkapan lainnya seperti selimut, perlengkapan balita, perlengkapan kebersihan, makanan siap saji, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, tim tanggap darurat juga akan memberikan trauma healing kepada anak-anak khususnya, serta perbaikan infrastruktur dan layanan medis bagi para korban. 

"Yang pasti ada tim trauma healing dari BPBD, ada tim medis dari unsur Dinkes, ada bantuan penanganan korban dan perbaikan infrastruktur dari satpol, dari damkar serta dukungan dapur umum dari dinsos dan juga bazis baznas DKI," kata Isnawa. 
sinpo

Komentar: