Kurangi Resiko Pelecehan, Transjakarta Tambah 10 Unit Bus Khusus Wanita

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 01 Desember 2022 | 15:01 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  PT Transportasi Jakarta (Tansjakarta) menambah 10 unit bus pink secara khusus bagi pelanggan Wanita. Keberadaan bus baru itu sebagai upaya mengurangi resiko pelecehan seksual. 

"Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya. Penambahan unit-unit lainnya secara bertahap." ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor, Kamis 1 Desember 2022. 

Keberadaan armada bus tersebut efektif melayani masyarakat mulai dari awal pekan ini. Selain penyediaan bus pink, usaha lain untuk mencegah pelecehan seksual, dengan memasang kamera di fasilitas Transjakarta, termasuk tim penanganan. 

"Dipasang kamera di halte dan Bus, ditempatkannya petugas di bus dan halte, tersedianya pelaporan 24 jam dan dibentuknya tim penanganan yang bergerak cepat," kata Anang menjelaskan. 

Bus pink kali ini hadir dengan desain terbaru yang mengutamakan kenyamanan untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan.  Jam operasional bus pink tersebut setiap hari mulai pukul 05.00  hingga 21.00 WIB, dengan tarif regular Rp3.500. 

Bus pink pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu. Bus pink beroperasi di Koridor 6 Ragunan - Dukuh Atas, Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit dan Rute Puribeta - Dukuh Atas.sinpo

Komentar: