Kapsul Orion NASA Mendarat di Samudra Pasifik Setelah Mengelilingi Bulan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 12 Desember 2022 | 14:13 WIB
Kapsul Orion NASA yang mendarat di bumi/ Bloomberg
Kapsul Orion NASA yang mendarat di bumi/ Bloomberg

SinPo.id - Kapsul Orion NASA telah mendarat di Samudra Pasifik setelah melakukan perjalanan tanpa awak mengelilingi Bulan, menandakan akhir dari misi perdana program bulan Artemis milik Badan Antariksa AS.

Kapsul yang jatuh ke laut pada pukul 09:40 Waktu Standar Pasifik (17:40 GMT) pada hari Minggu di semenanjung Baja California Meksiko tersebut, membawa kru simulasi dari tiga manekin yang dihubungkan dengan sensor.

Hal itu dilakukan NASA untuk mendemonstrasikan bagaimana astronot yang terbang ke bulan nantinya dapat kembali ke bumi dengan selamat.

“Dari Tranquility Base ke Taurus-Littrow hingga perairan Pasifik yang tenang, babak terakhir perjalanan NASA ke Bulan akan segera berakhir. Orion, kembali ke Bumi,” kata seorang komentator NASA, Rob Navias, dilansir dari Al Jazeera, Senin 12 Desember 2022.

Kembalinya kapsul Orion tersebut mengakhiri selama misi 25 hari setelah Orion melewati sekitar 127 km (79 mil) di atas Bulan dalam penerbangan lintas bulan.

Sementara penerbangan kapsul Orion berikutnya dijadwalkan pada tahun 2024, dengan membawa empat astronot yang siap melakukan perjalanan, setelah bertahun-tahun penerbangan ditunda karena persoalan anggaran.

“Tidak ada yang pernah ke Bulan seumur hidupku, kan? Jadi, ini adalah eksplorasi yang diimpikan banyak dari kita," kata kepala kantor misi eksplorasi NASA di Houston, Nujoud Merancy.

 sinpo

Komentar: