RIP, Sastrawan Besar Remy Sylado Meninggal Dunia Hari Ini

Laporan: Sinpo
Senin, 12 Desember 2022 | 14:34 WIB
Sastrawan Remy Sylado/ website Tempo
Sastrawan Remy Sylado/ website Tempo

SinPo.id - Kabar duka datang dari penyair, novelis, wartawan dan budayawan besar Indonesia, Remy Sylado. Satrawan yang terkenal dengan puisi mbeling ini menghembuskan napas terakhirnya usai dirawat di RSUD Tarakan, Jakarta, Senin, 12 Desember 2022.

Kabar duka meninggalnya Remy Sylado  ini disampaikan oleh politisi Partai Gerindra, Fadli Zon melalui cuitan di akun twitter pribadinya. Terakhir Fadli Zon sempat berbincang dengan Remy dan membahas Elvis Presley.

“Selamat jalan Bang Remy Sylado. Baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP,” cuit Fadli.

Kabar mengenai wafatnya Remy turut dibenarkan anak Remy, Gembul. Saat ini, kata Gembul, jenazah sang ayah masih disemayamkan di rumah.

"Iya, ini masih rembukan antara pihak keluarga dan gereja. Kemungkinan baru akan dimakamkan, besok," kata Gembul saat dikonfirmasi wartawan.

Seperti diketahui Japi Panda Abdiel Tambajong atau Remy Sylado lahir di Makassar pada 12 Juli 1945. Remy  merupakan seorang sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor dan mantan wartawan Indonesia keturunan Minahasa, Sulawesi Utara.

Banyak karya yang dilahirkan pria yang pernah menjadi wartawan di Majalah Tempo dan redaktur Majalah Aktuil, Bandung.

Salah satu film populer yang pernah dibuat berdasarkan tulisannya adalah Ca-bau-kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-bau-kan: Hanya Sebuah Dosa (1999).

 sinpo

Komentar: